Pekanbaru Job Expo 2018

Banyak Perusahaan Belum Laporkan Hasil Job Expo, Ini Saran DPRD Pekanbaru ke Dinasker

Kalangan DPRD Pekanbaru menyesalkan sikap beberapa perusahaan, yang belum melaporkan serapan tenaga kerja, hasil Job Expo Pekanbaru.

TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Para pencari kerja tengah memadati Pekanbaru Job Expo 2018 di Hotel Mutiara Merdeka, Selasa (24/7/2018). Job Expo tersebut digelar hingga Kamis (26/7/2018) dan menyediakan 1.881 lowongan kerja dari 70 perusahaan. Agar lowongan kerja yang diminati bisa langsung dilamar, pencari kerja perlu mempersiapkan diri sebelm datang ke ajang Job Expo Pekanbaru. Termasuk sejumlah berkas yang menjadi persyaratan penting saat melamar kerja. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kalangan DPRD Pekanbaru menyesalkan sikap beberapa perusahaan, yang belum melaporkan serapan tenaga kerja, hasil Job Expo Pekanbaru, yang digelar belum lama ini.

Padahal, Disnaker Pekanbaru selaku leading sektornya, sudah memberi batas waktu pelaporan serapan tenaga kerja.

"Memang batas waktunya pada 28 Agustus mendatang. Tapi kan tidak harus di akhir batas waktu, perusahaan melaporkan. Lagi pula, Job Expo tersebut sudah lama digelar," kata Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Heri Pribasuki, Minggu (19/8/2018).

Baca: VIDEO: PS UNRI Ditekuk Nabil FC di Liga 1 Askot PSSI Pekanbaru

Baca: Sempat Terjadi Kejar-kejaran, Polisi di Rohul Berhasil Hentikan Pelaku, Ditemukan Barang Ini

Politisi PDI-P tersebut mengharapkan, agar dalam pekan ini, semua perusahaan yang ikut dalam Job Expo kemarin, harus memberikan laporan yang komprehensif.

Sebab, pemerintah sudah menggaungkan kepada masyarakat, bahwa Job Expo tahun ini, digelar tidak seremonial.

Disnaker berjanji, bagi perusahaan yang tidak merekrut tenaga kerja, terutama tenaga kerja lokal dengan alasan yang tak pasti, maka akan disanksi.

"Kita minta, jika terbukti di lapangan, maka Disnaker jangan segan-segan memberi sanksi. Jika perlu evaluasi izinnya," saran Heri.

Hanya saja, dalam sepekan lebih ke depan, Disnaker juga diharapkan mengingatkan semua perusahaan peserta Job Expo, untuk mengirimkan serapan tenaga kerja. Jika langkah ini tetap diabaikan perusahaan, maka langsung dipanggil dan diberi sanksi.

Dewan yakin, Disnaker sudah bekerja maksimal, dalam pagelaran Job Expo kemarin. Mulai memfasilitasi, menyakinkan masyarakat hingga mengundang puluhan perusahaan, baik berskala nasional maupun internasional.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved