Pelalawan

Video : DPRD Pelalawan Sahkan APBD Perubahan 2018 Rp 1,52 Triliun

DPRD Pelalawan mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018 dalam rapat paripurna Senin (10/9/2018) sore

Laporan wartawan tribunpelalawan.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan akhirnya mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018 dalam rapat paripurna Senin (10/9/2018) sore.

Sidang ketuk palu angaran perubahan digelar DPRD setelah molor dua setengah jam dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Pada undangan paripurna tertera jadwal pukul 14.00 wib, sedangkan rapat baru dimulai pukul 16.30 wib setelah kehadiran anggota dewan mencukupi syarat persidangan atau quorum.

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin SH MH didampingi Wakil Ketua I Suprianto SP. Sedangkan perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) dihadiri langsung Bupati Harris. Pejabat di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga turut datang meskipun sudah dua jam menunggu.

"Setelah pembahasan di tingkat komisi dan dilanjutkan pembahan Banggar, kita akan mengambil keputusan. Namun terlebih dahulu kita dengar pembacaan hasil keputusan akhir pembahasan dari banggar," ungkap Ketua Nasarudin setelah membuka persidangan.

Baca: Inilah Rekomendasi Banggar DPRD Pelalawan kepada Pemda Saat Mensahkan APBD-P 2018

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pelalawan menunjuk H Abdullah sebagai juru bicara untuk membacakan hasil pembahasannya. Dalam pemaparannya, Abdullah menjelaskan APBD murni tahun 2018 berkisar Rp 1,46 triliun yang telah disahkan tahun lalu. Setelah dilakukan pembahasan masing-masing komisi beserta OPD mitra dan dilanjutkan dengan rapat finalisasi Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terjadi pemabahan anggaran.

"APBD Perbuhanan menjadi Rp 1,52 triliun atau bertambah sebesar Rp 90,8 Miliar," beber Abdullah dari atas podium.

Ia merincikan, APBD murni sebelumnya sebesar Rp 1.429.630.451.244,00,- sedangkan setelah perubahan menjadi Rp 1.520.456.427.369,66,-. Kenaikan anggaran perubahan sebesar Rp 90.825.976.125,66,- yang merupakan akumulasi dari penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan perimbangan serta peningkatan lain-lain pendapatan daerah.

Setelah pembacaan hasil pembahasan Bangar DPRD, pimpinan rapat menanyakan persetujuan peserta rapat atas APBD perubahan tersebut yang dibalas teriakan setuju dari seluruh anggota dewan.

Baca: Polisi Buru Rekan Pencuri Sepeda Motor Anggota Brimob yang Sedang Berjaga di Kediaman Kapolda Riau

Bupati Pelalawan, HM Harris, dalam sambutanya usai pengesahan anggran perubahan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada segenap pimpinan dan anggota dewan. Atas kerja kerasnya dalam membahas hingga mengesahkan anggaran daerah.

Harris berjanji akan memaksimalkan waktu yang tersisa dalam merealisasikan program kerja yang telah disahkan dalam APBD perubahan. Khususnya program dan kegiatan yang tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Tidak lama lagi kita akan memulai pembahasan APBD murni tahun 2019. Semoga kerjasama ini tetap terjalin agar tugas dan tanggung jawab kita bisa berjaln baik," tandasnya. (*)

Baca: Peserta Pemilu 2019 sudah Bisa Persiapkan APK, Ini Jadwal Pemasangannya

Penulis: johanes
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved