Gempa di Sulteng

Longsor di Laut Sebabkan Tsunami, Akibat Gempa Donggala dan Palu

Gempa bumi yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) berkekuatan 7,7 skala richter (SR).

Longsor di Laut Sebabkan Tsunami, Akibat Gempa Donggala dan Palu
BNPB Indonesia
Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gempa bumi yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) berkekuatan 7,7 skala richter (SR).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan pusat gempa pada 10 km pada 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

BMKG telah mengaktivasi peringatan dini tsunami dengan status Siaga (tinggi potensi tsunami 0,5 – 3 meter) di pantai Donggala bagian barat.

Baca: VIDEO: Korban Gempa dan Tsunami di Palu Ditemukan Meninggal Dibeberapa Tempat

Gempa bumi ini kemudian menimbulkan tsunami, yang menyapu pantai dan menyebabkan sejumlah bangunan roboh, termasuk Jembatan Vatulemo, yang menjadi ikon Kota Palu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya menyebutkan gempa tsunami disebabkan longsoran di laut, akibat gempa.

"Analisis sementara ahli tsunami dsri ITB berdasarkan modeling dan kajian sebelumnya bahwa tsunami di Palu disebabkan adanya longsoran bawah laut saat gempa 7,7 SR mengguncang Donggala. Teluk Palu dan pesisir Donggala memang rawan tsunami. Masih dilakukan kajian lagi," tulisnya di akun Twitter.

Baca: Parahnya Gempa Tsunami di Palu dan Donggala, Jembatan Kuning Ambruk

Analisis geologi penyebab gempa 7,7 SR bersumber pada Sesar Palu Koro yang sangat aktif bergerak dan melintas Kota Palu.

Adanya mekanisme gerak ke atas dan kemungkinan longsor bawah laut menyebabkan tsunami yang menerjang Kota Palu.

Selain bangunan rusak dan korban jiwa manusia, gempa dan tsunami menyebabkan saluran telekomunikasi putus serta listrik padam di daerah terkena dampak.

Pendataan korban sulit dilakukan dengan cepat. Tim SAR dan relawan menemukan beberapa korban meninggal akibat gempa di Palu dan Donggala. 

Baca: Duka Untuk Donggala, Ingin Tahu Kondisi Keluarga di Palu? Ini Nomor Kontak SAR Palu

Halaman
12
Penulis: Ariestia
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved