Tunggu Instruksi KPU RI. KPU Riau Belum Lakukan Pelipatan Surat Suara

Proses pengiriman logistik surat suara Pemilu 2019 terus dilakukan ke Kabupaten dan kota.

Tunggu Instruksi KPU RI. KPU Riau Belum Lakukan Pelipatan Surat Suara
Istimewa
Nampak surat suara diterima oleh KPU Dumai di Kota Dumai pada Kamis (7/3/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Proses pengiriman logistik surat suara Pemilu 2019 terus dilakukan ke Kabupaten dan kota.

Saat ini di Riau sudah tiga Kabupaten dan Kota yang menerima surat suara kiriman dari KPU Pusat dari gudang percetakannya langsung.

Tiga Kabupaten dan Kota di Riau tersebut yakni Bengkalis, Dumai dan Rokan Hulu. Beberapa Kabupaten dan Kota lainnya ada yang tahap pengiriman dan ada juga yang proses packing di tempat percetakan.

"Baru tiga Kabupaten dan Kota yang surat suara pemilunya sudah tiba, ada Rokan Hulu, Bengkalis dan Dumai," ujar Ketua KPU Riau Ilham Yasir kepada Tribun Jumat (8/3/2019).

Menurut Ilham ada dua Kabupaten yang saat ini dalam proses pengiriman dan akan segera tiba surat suaranya di Gudang KPU masing-masing. Keduanya yakni Meranti dan Rokan Hilir.

"Infonya untuk Meranti dan Rohil sudah di jalan dan akan segera tiba," jelas Ilham.

Lebih lanjut Ilham juga menambahkan sesampainya di gudang penyimpanan KPU, surat suara tersebut tidak langsung dilipat, namun masih menunggu intruksi dari KPU Pusat terlebih dahulu.

"Kita biasanya nunggu instruksi KPU RI untuk memulai pelipatannya, makanya sekarang belum dilakukan pelipatannya," ungkapnya.

Untuk diketahui Kabupaten Inhil merupakan daerah terakhir pengiriman logistik surat suara Pemilu.

Hal ini diketahui dari jadwal yang dibuat pihak percetakan. Atas jadwal tersebut ada kekhawatiran pihak KPU Riau karena proses pengirimannya terakhir di Riau dari Kabupaten lainnya, semenjatara Inhil merupakan Kabupaten yang aksesnya lumayan jauh.

"Inhil ini kan masuk dalam kategori dua tersulit karena daerah perairan, pengiriman ke Kecamatan dikhawatirkan karena terlalu mepet waktunya," jelas Komisioner KPU Riau bidang Teknis, Joni Suhaidi merincikannya.

Joni juga menambahkan akan ada solusi lain jika nanti ada kekhawatiran keterlambatan dengan menambah jumlah anggota pelipat surat suara di Gudang KPU Kabupaten Inhil.

Misalnya dari 200 orang ditambah menjadi 250 orang.

"Karena Kabupaten Inhil ini merupakan daerah luas dengan geografis yang sulit," tegasnya.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved