Berita Riau

Program CSR Pertamina RU II Sungai Pakning Ubah Gambut dari Musibah Menjadi Berkah

Program Corporate Social Responsbility (CSR) Pertamina RU II Sungai Pakning ubah gambut dari musibah menjadi berkah

Program CSR Pertamina RU II Sungai Pakning Ubah Gambut dari Musibah Menjadi Berkah
Tribun Pekanbaru/Istimewa
Program CSR Pertamina RU II Sungai Pakning Ubah Gambut dari Musibah Menjadi Berkah 

Program CSR Pertamina RU II Sungai Pakning Ubah Gambut dari Musibah Menjadi Berkah

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Program Corporate Social Responsbility (CSR) Pertamina RU II Sungai Pakning ubah gambut dari musibah menjadi berkah.

Lahan gambut bagi sebagian besar masyarakat di Kecamatan Bukit Batu semula dianggap sebagai pembawa petaka.

Pasalnya masih teringat jelas di benak masyarakat bagaimana kebakaran dengan skala luas yang terjadi di atas lahan gambut pada periode 2013-2015 silam.

Hal tersebut sontak mengakibatkan kabut asap tebal yang tidak hanya menganggu aktivitas masyarakat sehari-hari, namun juga memberikan dampak seperti hilangnya potensi panen serta tingginya gangguan kesehatan akibat Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA).

Namun kini, masyarakat Bukit Batu sudah tidak lagi melihat lahan gambut sebagai sumber petaka.

Seiring dengan berjalannya program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Sungai Pakning yang telah dijalankan sejak tahun 2016, Kampung Gambut Berdikari.

Pantau perkembangan program unggulan tersebut Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Pahala Mansury laksanakan kunjungan kerja sekaligus berdialog dengan para mitra binaan di Kampung Gambut Berdikari tepatnya di area wisata Arboretum Gambut, Rabu (08/05).

Disela-sela kunjungan Pahala menyebutkan, melalui program ini Pertamina berupaya merubah mindset masyarakat yang semula melihat lahan gambut sebagai pembawa musibah menjadi pembawa berkah.

Di bawah naungan program besar "Berkah Gambut, Berkah Negeri", Kampung Gambut Berdikari dijalankan bersama-sama 2 sub program lainnya yakni Generasi Emas 4.0 dan Permata Hijau.

Halaman
123
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved