PKS Batal Ajukan Gugatan Pemilu 2019 ke MK

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) batal mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pemilu di Riau.

PKS Batal Ajukan Gugatan Pemilu 2019 ke MK
TRIBUNPEKANBARU.COM/GURUH BUDI WIBOWO
Ketua DPW PKS Riau, Hendri Munief memberi keterangan pers, Sabtu (20/4/2019) terkait pola pengamanan form C1 untuk mengamankan suara Pemilu di Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) batal mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pemilu di Riau.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, PKS menjadi partai paling cepat ingin menyampaikan gugatan ke MK.

Bahkan PKS tidak menandatangani hasil pleno KPU untuk beberapa Kabupaten dan Kota di Riau Karena mereka tidak menerima hasil yang diplenokan tersebut.

Di antara daerah yang ditolak hasilnya oleh PKS adalah hasil pleno untuk Kabupaten Inhil dan Inhu - Kuansing.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata PKS tidak jadi menyampaikan gugatan ke MK dengan alasan kurang bahan bukti dan saksi yang akan dibawa ke MK nantinya saat sidang.

"Ya karena kurang bahan bukti dan saksi untuk diajukan ke MK, makanya tidak jadi mengajukan gugatan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Riau, Hendry Munief kepada Tribun, Senin (27/5/2019).

Dengan demikian maka PKS tidak menggugat hasil pemilu di Riau dan sudah menerima hasil yang diplenokan di tingkat KPU Provinsi beberapa Kabupaten dan Kota.

Sebagaimana hitungan awal PKS saat memberikan keterangan sebelumnya, berdasarkan hasil C1 dari seluruh saksi Partai mereka, PKS menjadi pemenang untuk Pemilu di Riau dengan meraih kursi paling banyak di DPRD Riau.

Namun pada hasil pleno di KPU ada beberapa kursi yang sebelumnya diprediksi dapat disana namun hilang. Hal inilah yang dipertanyakan PKS dan bahkan sampai akan menyampaikan gugatan ke MK.

Untuk diketahui suara PKS sendiri di Riau Pemilu 2019 ini mengalami peningkatan, terutama untuk Kota Pekanbaru PKS berhasil jadi pemenang dan beberapa Dapil lainnya yang tidak mendapatkan kursi kini sudah punya wakil.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sudah menerima berkas materi gugatan peserta pemilu dari Riau ke Mahkamah Konstitusi.

Saat ini KPU sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi gugatan tersebut.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved