Berita Riau

DPRD Riau akan Panggil Perusahaan yang Tidak Bayarkan THR untuk Karyawannya

kami sangat menyayangkan. THR adalah hak para pekerja yang harus mereka terima menjelang hari raya

DPRD Riau akan Panggil Perusahaan yang Tidak Bayarkan THR untuk Karyawannya
Tribunpekanbaru
Tunjangan hari raya (thr) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-DPRD Riau menyayangkan masih adanya sejumlah perusahaan di Pekanbaru yang belum juga membayarkan THR kepada para tenaga kerjanya.

Padahal, THR sudah menjadi hak para tenaga kerja dan juga kewajiban bagi perusahaan untuk ditunaikan menjelang perayaan hari raya keagamaan.

"Jika memang masih ada perusahaan yang belum membayarkan THR, kami sangat menyayangkan. THR adalah hak para pekerja yang harus mereka terima menjelang hari raya," ujar Sekretaris Komisi V DPRD Riau, Ade Agus Hartanto, Sabtu (8/6/2019).

Ade Agus Hartanto menyarankan kepada para pekerja yang belum mendapatkan haknya dari perusahaan tempatnya bekerja agar melaporkannya ke komisi V DPRD Riau.

Baca: LBH Pekanbaru Somasi Perusahaan yang Tak Salurkan THR

Dengan dasar laporan tersebut, Komisi V bisa memanggil pihak perusahaan dan juga Disnaker Riau.

"Laporkan ke kami segera, Senin (10/6/2109) besok kami sudah efektif bekerja. Kami akan panggil perusahaan tersebut dan juga Disnaker untuk mencari tau kebenaranya. Jika memang benar, kita akan minta perusahaan tersebut segera membayarkannya," ujar Ade.

Ade Agus Hartanto juga enggan berspekulasi banyaknya pekerja yang tak menerima THR melapor ke LBH Pekanbaru ketimbang ke Disnaker.

Menurutnya, laporan ke LBH yang dilakukan oleh para pekerja tersebut sah-sah saja.

"Sah saja, tergantung para pekerja mau melaporkan kemana. Ke LBH juga bisa, sebab kan lembaga bantuan hukum tersebut tidak ada cuti lebaran. Disnaker juga bisa, dan ke kami juga siap," ujarnya.

Baca: Karyawan Jangan Takut Laporkan Perusahaan yang Tidak Bayarkan THR, Disnaker: Kami akan Proses

Diberitakan sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau belum menerima pengaduan dari tenaga kerja terkait THR hingga H-7 lebaran Idul Fitri 1440 H.

Halaman
12
Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved