Horee, Gaji ke-13 PNS di Kabupaten Inhil Cair 1 Juli 2019

Selain pencairan gaji ke-13, Sekda Inhil juga menyebut, kenaikan gaji sebesar 5 persen akan dibayarkan secara rapel sejak Januari lalu.

Horee, Gaji ke-13 PNS di Kabupaten Inhil Cair 1 Juli 2019
Net/google
ilustrasi PNS 

tribunpekanbaru.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menyebutkan bahwa gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Inhil akan segera dibayarkan. Bahkan Pemkab Inhil sudah mengumumkan kapan tanggal pencairannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin mengungkapkan, Pemkab Inhil akan melakukan pencairan gaji ke-13 PNS pada 1 Juli 2019 mendatang, serentak dengan daerah lain di seluruh Indonesia.

"Insya Allah gaji ke-13 PNS Kabupaten Inhil akan cair pada 1 Juli mendatang. Ini berdasarkan informasi yang diterima dari Pemerintah Pusat," jelas Said melalui keterangan tertulisnya, Selasa (18/6) siang.

Said menjelaskan, pembayaran gaji ke-13 tersebut mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016.

PP tersebut memuat tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

"Jadi tidak hanya PNS saja yang menerima gaji ke-13, tapi juga TNI dan Polri juga akan menerima gaji ke-13 berbarengan pada 1 Juli nanti,” ungkap Said.

Terkait besaran jumlah gaji ke-13 yang akan diterima para PNS, ditegaskan jumlahnya sebesar nilai gaji ditambah tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, dan tunjangan penambahan penghasilan (TPP).

Sedangkan untuk kenaikan gaji sebesar 5 persen, juga mulai berlaku setelah Presiden menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Menurut Said, hal ini dilakukan dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS, sehingga pemerintah memandang perlu menaikkan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil.

"Pencairan kenaikan gaji ini berlaku untuk periode Januari-April. Pembayaran kenaikan gaji 5 persen dirapel dari awal tahun," tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved