Pengumuman Caleg Terpilih Tunggu Proses MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah belum bisa menetapkan Calon Legislatif (Caleg) terpilih.

Pengumuman Caleg Terpilih Tunggu Proses MK
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Caleg terpilih 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah belum bisa menetapkan Calon Legislatif (Caleg) terpilih.

Ini disebabkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) belum dikeluarkan sehingga KPU di daerah belum dapat menetapkan Caleg terpilih.

Sebagaimana diketahui penetapan Caleg terpilih harus berdasarkan setelah adanya BRPK yang dikeluarkan MK dan dikirimkan melalui KPU RI.

"Sampai hari ini belum keluar juga Buku Registrasi Perkara Konstitusi, sebagai landasan untuk melakukan penetapan Caleg terpilih bagi KPU di daerah," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto kepada Tribun, akhir pekan lalu.

Menurut Nugroho Noto Susanto pihaknya juga sudah memberitahu enam Kabupaten di Riau yang tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi untuk menahan tidak mengumumkan hasil Caleg Terpilih, hingga menunggu BRPK tersebut.

"Kami sudah perintahkan untuk ditahan dulu penetapan sampai ada BRPK MK," ujar Nugroho Noto Susanto.

Berdasarkan surat edaran terbaru KPU RI pertanggal 3 Juli 2019, dijelaskan tata cara penetapan Caleg terpilih oleh KPU di Provinsi dan KPU di Kabupaten dan Kota.

Dalam edaran tersebut KPU RI menghimbau KPU di daerah untuk tidak menetapkan Caleg terpilih dan kursi anggota DPRD sebelum adanya surat dari KPU RI.

Dalam edaran tersebut juga dijelaskan agar KPU di daerah menetapkan kursi dan Caleg terpilih paling lambat lima hari setelah diterbitkan surat KPU RI nantinya yang menyatakan bahwa KPU RI sudah menerima surat dari Panitera MK mengenai daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU.

Di Riau ada enam Kabupaten yang tidak ada permohonan PHPU, yakni Meranti, Pelalawan, Inhu, Rohul, Kampar dan Rohil.

Sedangkan enam Kabupaten dan kota lagi ada permohonan PHPU yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Kuansing, Inhil, dan Siak.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved