Siak

Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Siak Belum Laksanakan Penetapan Pileg 2019

KPU Siak belum melaksanakan pleno penetapan hasil pemilihan legislatif Kabupaten Siak 2019. Pasalnya, KPU Siak masih harus menghadapi gugatan di MK

Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Siak Belum Laksanakan Penetapan Pileg 2019
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
KPU Siak Belum Tetapkan Hasil Pileg 2019 

TRIBUNSIAK.COM,SIAK- KPU Siak belum melaksanakan pleno penetapan hasil pemilihan legislatif Kabupaten Siak 2019. Pasalnya, KPU Siak masih harus menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Gugatan tersebut dari Partai Nasdem Dapil Siak 3 dan PDI Perjuangan untuk Dapil Siak 4," kata Komisioner KPU Siak Agus Hariyanto, Rabu (24/7/2019).

Ia menjelaskan, gugatan partai Nasdem sudah diputuskan MK pada 22 Juli 2019 kemarin. Prosesnya tidak dilanjutkan ke tahap pemeriksaan saksi, karena Nasdem mencabut gugatannya di MK.

Sedangkan proses yang masih berlanjut ke tahap pemeriksaan saksi dari gugatan PDI Perjuangan Dapil Siak 4. Proses sidangnya dijadwalkan pada 30 Juli mendatang.

"Karena hal tersebut maka proses penetapan oleh KPU Siak belum dapat dilaksanakan sebelum adanya Keputusan MK," kata Agus.

Ia menjelaskan, KPU Kabupaten Siak menghadapi proses sengketa perselisihan hasil pemilu 2019 yang diajukan ke MK oleh Nasdem dan PDI Perjuangan. Kedua perkara diegister dengan nomor perkara: 193-05-04/PHPU.DPRD-DPRD/ XVII/2019 untuk Partai Nasdem dan nomor 70-03-04/ PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 untuk PDIP.

Proses persidangan sudah dilaksanakan pada 7 Juli 2019, agenda pembacaan materi gugatan pemohon. Pada 18 Juli 2019 dengan agenda penyampaian jawaban termohon.

"Pada Senin 22 Juli 2019 lalu adalah pembacaan putusan oleh Mahkamah Konstitusi. Adapun hasil yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi yang diputus adalah menghentikan bagian dari perkara-perkara yang tidak dilanjutkan pada tahapan pemeriksaan persidangan dengan agenda pembuktian, yaitu untuk gugatan yang diajukan oleh Partai NasDem untuk Dapil Siak 3, berkenaan dengan dicabutnya gugatan tersebut," kata dia.

Adapun bagian perkara yang tidak dilanjutkan ke tahap pemeriksaan pembuktian pertimbangan hukum selengkapnya akan dimuat dalam putusan akhir.

Perkara yang masih berlanjut pada proses selanjutnya adalah gugatan dari PDI Perjuangan untuk Dapil Siak 4.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved