Berita Riau

Pemangkasan Anggaran OPD di Pemkab Rohul Riau Berkisar 10-20 Persen

Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan, rasionalisasi anggaran bervariasi di tiap OPD, berkisar 10-20 persen.

Pemangkasan Anggaran OPD di Pemkab Rohul Riau Berkisar 10-20 Persen
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Sekda Kabupaten Rohul, H Abdul Haris. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Pemkab Rokan Hulu (Rohul) telah melakukan kebijakan untuk melakukan rasionalisasi anggaran tahun 2019 di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekda Abdul Haris mengungkapkan, kebijakan tersebut untuk mengatasi agar tidak terjadi tunda bayar dalam pelaksanaan kegiatan barang dan jasa maupun fisik yang telah tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Mengingat, pemerintah pusat akan melakukan tunda bayar terhadap penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan IV tahun 2019. Kondisi itu mengharuskan Pemkab Rohul melakukan rasionalisasi anggaran daerah yang diperkirakan mencapai Rp 100 miliar.

Pemangkasan anggaran merupakan langkah alternatif, agar di penghujung akhir tahun anggaran 2019, kegiatan yang telah dilaksanakan tidak terjadi tunda bayar.

"Kita telah beberapa kali melaksanakan rapat dengan kepala OPD. Rasionalisasi anggaran dilakukan secara tepat untuk menghindari terjadinya tunda bayar terhadap kegiatan yang dananya telah tercantum dalam APBD 2019," jelasnya, Minggu (4/8/2019).

Abdul Haris mengatakan, rasionalisasi anggaran bervariasi di tiap OPD, berkisar 10-20 persen.

"Kita serahkan penuh kepada masing-masing OPD Rohul. Mana kegiatan yang dipangkas dan diprioritaskan, serta kegiatan 2019 yang pelaksanaannya dialokasikan pada tahun 2020. Bisa saja OPD lakukan pengurangan terhadap volume pekerjaan, semuanya itu ditentukan oleh masing-maisng OPD," terangnya.

Harapan Sekda, kebijakan ini dapat menutupi kebutuhan anggaran terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah diprioritaskan Pemkab Rohul tahun ini.

"Kita berharap dengan langkah kita ini tidak terjadi tunda bayar terhadap kegiatan tahun 2019, sehingga pembangunan di Rohul bisa berjalan dengan lancar," tutup Sekda Abdul Haris. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved