Berita Riau

Asap Keluar dari 7 Hektare Lahan Gambut di Penyaguhan, Inhu, Riau

Tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu.

Asap Keluar dari 7 Hektare Lahan Gambut di Penyaguhan, Inhu, Riau
istimewa
Tim gabungan berhasil melakukan pemadaman lahan yang terbakar di Dusun Empat Beringin Jaya, Desa Pesajian, Kecamatan Batang Peranap, Inhu, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Widodo mengatakan, upaya pemadaman sudah dilakukan sejak Minggu (4/8/2019).

"Lahan 7 hektare terbakar di Desa Penyaguhan.Karena jauhnya lokasi, tim kesulitan mendapatkan air untuk melakukan pemadaman," kata Widodo, Selasa (6/8/2019).

Selain melakukan pemadaman di Desa Penyaguhan, tim gabungan juga melakukan pemadaman di lahan gambut di Desa Sekip Hilir. Luas lahan yang terbakar di Sekip Hilir mencapai 3,5 hektare.

"Kita masih melanjutkan pemadaman di dua lokasi itu, karena asap masih keluar dari dalam gambut," katanya.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Desa Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal. Pemadaman dibantu dengan helikopter water bombing.

"Satu unit helikopter melakukan water bombing untuk memadamkan api di Desa Sei Akar, Kecamatan Batang Gansal," kata Widodo.

Menurut Widodo, water bombing dilakukan karena di lokasi karhutla tidak ada sumber air.

"Setelah beberapa kali water bombing, api berangsur-angsur berkurang namun masih meninggalkan bara api di tunggul kayu," kata Widodo. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved