Asap Masih Mengganggu Kesehatan, Dinkes Inhil Bagikan 7.500 Masker kepada Warga

Wilayah Tembilahan dan beberapa kawasan di Inhil belum aman dari kabut asap karhutla. Karena itu, Dinkes Inhil terus membagikan masker gratis.

Asap Masih Mengganggu Kesehatan, Dinkes Inhil Bagikan 7.500 Masker kepada Warga
tribun pekanbaru
Petugas Puskesmas membagikan masker kepada warga beberapa hari lalu. Dinkes Inhil menyebutkan, udara Tembilahan tidak sehat pada pengukuran Rabu (28/8) pagi. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali membagikan masker kepada masyarakat Tembilahan dan sekitarnya, Rabu (28/8).

Total ada 7.500 masker yang dibagikan Dinkes Inhil melalui Puskesmas yang ada di Tembilahan dan Tembilahan Hulu.

Kepala Dinkes Inhil, Zainal Arifin menuturkan, Dinkes beserta Puskesmas Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu, dan Gajah Mada, turun ke jalan–jalan di 15 tempat untuk membagikan masker kepada masyarakat.

“Ini merupakan hari kedua, dari pukul 06.30 WIB sampai 07.15 WIB kita bagi–bagi masker,” ujar Zainal Arifin.

Tidak hanya memberikan masker, menurut Zainal, mobil Promosi Kesehatan (Promkes) juga ikut dikerahkan untuk sosialisasi dampak karhutla kepada warga.

“Promkes juga turun ke jalan untuk memberikan penyuluhan menghadapi dampak kabut asap ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sejak Senin (26/8) lalu UPT Puskesmas Gajah Mada sudah mulai membagikan masker gratis kepada para pengendara dan masyarakat yang melintas di sekitar Jalan Gajah Mada, Tembilahan.

Kepala Puskesmas Gajah Mada, Ngatiyem SKM mengatakan, pembagian masker ini bertujuan untuk melindungi pernafasan agar tidak terganggu, sekaligus menyelamatkan kesehatan masyarakat.

Tidak hanya itu, Puskesmas Gajah Mada juga mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

“Mengurangi aktivitas di luar rumah, serta selalu menggunakan masker bila harus keluar rumah,” katanya.

Tidak hanya di Tembilahan dan sekitarnya, Puskesmas di daerah lain di Inhil juga ikut membagikan masker kepada masyarakat. Seperti Puskesmas Tanah Merah yang juga membagikan masker kepada warga di sekitar wilayah kerjanya di Desa Tanah Merah, Selasa (27/8) lalu.

Kepala Puskesmas Tanah Merah, Hj Petty Rismawati mengatakan, dengan kondisi kabut asap sekarang, diimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas luar ruangan. Jika sedang berada di luar, warga diimbai agar selalu menggunakanlah masker dan banyak minum air putih.

“Semoga cuaca cepat kembali membaik dan kita semua terhindar dari dampak buruk kabut asap,” ujarnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved