Asap Makin Pekat, Pemko Pekanbaru Tambah Libur Siswa Sekolah, Baru Masuk Lagi Senin Depan

Kondisi udara Pekanbaru saat ini ada pada level tidak sehat. Wali Kota pun memutuskan meperpanjang libur siswa.

Asap Makin Pekat, Pemko Pekanbaru Tambah Libur Siswa Sekolah, Baru Masuk Lagi Senin Depan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kabut asap pekat menyelimuti kawasan Sungai Siak. 

tribunpekanbaru.com - Kualitas udara di Pekanbaru pada Kamis (12/9) kemarin berada pada level kuning atau tidak sehat. Kondisi ini sudah berlangsung selama tiga hari terakhir.

Angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada Kamis kemarin tercatat mencapai 123 atau tidak sehat. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun memutuskan meliburkan peserta didik hingga Senin (16/9) mendatang.

"ISPU memang di bawah angka 200, tapi kecenderungan ISPU di Pekanbaru naik," jelas Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, Kamis (12/9).

Menurutnya, Pemerintah Kota sudah menambah libur sekolah bagi peserta didik selama dua hari ini. Namun kualitas udara tidak juga kunjung membaik, sehingga libur pun ditambah dan masuk kembali Senin mendatang.

"Jadi anak-anak masuknya Senin saja. Kepada para orangtua, kita ingatkan agar anak-anak jangan beraktivitas di luar rumah," katanya berpesan.

Firdaus juga mengingatkan agar para guru bisa memberikan tugas kepada para peserta didik. Sehingga nantinya mereka tetap bisa belajar meskipun sedang libur sekolah.

"Jadi berikan mereka tugas, baik tugas baca atau PR. Intinya bagaimana membuat anak-anak tetap ada aktivitas belajar di rumah, sehingga mereka juga tidak ketinggalan pelajaran," paparnya.

ISPU berada di level tidak sehat sudah berlangsung sejak tiga hari terakhir di Kota Pekanbaru. Kondisi ini karena kabut asap masih menyelimuti Kota Bertuah. Angka ISPU di Pekanbaru sendiri terus mengalami kenaikan sejak Selasa lalu. Dari awalnya ISPU berada di angka 111, lalu meningkat menjadi 118 pada Rabu (11/9), dan pada Kamis kembali naik di angka 123.

Sebelumnya, Kepala Labor Udara Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Syahrial, Kamis (12/9) sore menegaskan bahwa ISPU Kota Pekanbaru berada di level tidak sehat, dan ini sudah berlangsung sejak tiga hari terakhir.

"Saat ini ISPU berada di level kuning atau tidak sehat," jelasnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved