Petugas Berjibaku Hingga Tengah Malam, Api di Reteh, Inhil, Makin Dekat ke Pemukiman Warga

Prajurit TNI dan warga di Reteh, Inhil, harus berjibaku sampai tengah malam agar api tidak mendekati pemukiman warga.

Petugas Berjibaku Hingga Tengah Malam, Api di Reteh, Inhil, Makin Dekat ke Pemukiman Warga
tribun pekanbaru
Prajurit Koramil Reteh, Inhil, bersama masyarakat berjibaku memadamkan karhutla hingga tengah malam agar tidak mendekati pemukiman. 

tribunpekanbaru.com - Prajurit Koramil 07/Reteh, Kodim 0314/Inhil, Koptu Hamdani, bersama warga tanpa lelah berusaha memadamkan kebakaran hutan dan kahan (karhutla) sampai tengah malam. Apalagi, api sudah berjarak ratusan meter saja dari pemukiman warga.

“Kita terus berupaya memadamkan api agar tidak sampai ke pemukiman warga,” ujar Hamdani, Jumat (13/9).

Menurutnya, lokasi karhutla yang diselimuti asap pekat membuat sulit memadamkan api menggunakan mesin pompa air. Sedangkan pada siang hari cuaca panas diikuti angin kencang, membuat api cepat melahap semak belukar.

“Bila dibiarkan jarak api dengan rumah makin lama makin dekat. Makanya sehabis shalat isya kita kembali bekerja memadamkan api," sambungnya.

Danramil 07/Reteh, Kapten (Arm) Syahrul Effendi Pohan mengatakan, api di permukaan sebagian sudah padam. Hanya saja, bara api yang di dalam gambut masih berasap. "Api sebagian sudah padam, lalu kita lanjutkan pendinginan supaya benar-benar padam," katanya.

"Kita minta masyarakat jangan membakar lahan. Karena kalau api sudah membesar akan sulit dikendalikan,” tambahnya.

Tenaga Bantuan
Sementara itu, 10 prajurit dari Yon Arhanudse 13/PBY Pekanbaru, didatangkan ke Inhil untuk membantu pemadaman karhutla di wilayah Koramil 09/Kemuning. Kedatangan 10 prajurit tersebut disambut perangkat Desa Sekayan, Rabu (11/9) malam lalu.

"Iya, sudah tiba di Dusun Lemang, Desa Sekayan, 10 orang pasukan tambahan dari Yon Arhanudse 13/PBY Pekanbaru. Kedatangan pasukan disambut antusias warga yang berharap karhutla cepat diatasi," ungkap Danramil 09/Kemuning, Kapten (Arh) Zaenuri, Kamis (12/9) lalu.

Dikatakan, ke-10 prajurit itu telah bergabung dengan Sub Satgas Kodim 0314/Inhil, Koramil 09/Kemuning, untuk melaksanakan pemadaman api. “Mereka menginap di lokasi karhutla menggunakan tenda. Karhutla di lahan gambut ini sulit diatasi, tak kenal lelah kita di lapangan terus melakukan pemadaman,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved