Berita Riau

RS Zainab Ajak Masyarakat Berikan ASI Eksklusif pada Bayi

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab Pekanbaru menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI), Sabtu (14/9/2019).

RS Zainab Ajak Masyarakat Berikan ASI Eksklusif pada Bayi
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
ASI EKSKLUSIF - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab Pekanbaru menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI), Sabtu (14/9/2019). Kegiatan ini diikuti 31 peserta. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab Pekanbaru menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI), Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi pada masyarakat tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif bagi bayi.

"Setelah 6 bulan diberikan ASI Eksklusif, maka untuk selanjutnya, harus ada asupan atau makanan pendamping yang harus diberikan kepada anak. Ini penting," kata Ketua Pelaksana kegiatan, dr. H. Febriandi Efda Putra.

Dia melanjutkan, total ada sekitar 31 orang peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini.

Mereka akan diberikan materi terkait pemantauan pertumbuhan bayi dan balita, dasar-dasar pentingnya MP-ASI, teknik dan strategi pemberian MP-ASI, dan lain-lain.

Baca: KPJ Damansara Gelar Seminar Kesehatan di Pekanbaru

Para peserta bukan hanya datang dari Pekanbaru, namun juga dari Dumai, Tembilahan, Siak, dan Rengat. "Ada sekitar 10 orang dari kalangan umum, dan 21 orang dari praktisi kesehatan. Seperti dokter, bidan, ahli gizi, dan perawat," paparnya.

Sementara itu, Hesti Kristina P Tobing, SKM, CIMI, IBCLC selaku Ketua Program MP-ASI Perinasia Pusat, memaparkan, selama ini, masih banyak ibu yang menganggap susu formula lebih baik dari pada ASI.

Padahal katanya, ada kandungan kontaminan berbahaya yang bisa masuk ke dalam susu formula tersebut.

"Ada sakazakii, yang bisa menyebabkan radang otak, usus rapuh, dan lain-lain. Kalau ditanya kenapa kok ada vitamin juga dalam susu, itu sifatnya vitamin sintetik," sebutnya.

Baca: Wanita Riau Banyak Alami Endometriosis, Asap Bisa Jadi Pemicu

"Jadi bisa dibayangkan, kalau berada di dalam tubuh bayi terus-menerus.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved