Demo Mahasiswa di Sejumlah Daerah Ricuh, 3 Kritis hingga Ratusan Luka-luka

Korban luka berjatuhan dari pihak mahasiswa dan aparat kepolisian saat demo berujung bentrokan.

Demo Mahasiswa di Sejumlah Daerah Ricuh, 3 Kritis hingga Ratusan Luka-luka
KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI
Para demonstran saat memblokadi Jalan Aria Jipang Kota Bandung dalam aksi unjuk rasa, Selasa (24/9/2019).(KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI) 

Demo Mahasiswa di Sejumlah Daerah Ricuh, 3 Kritis hingga Ratusan Luka-luka

TRIBUNPEKANBARU.COM - Korban luka berjatuhan dari pihak mahasiswa dan aparat kepolisian saat demo berujung bentrokan. Polisi juga terpaksa menangkap para mahasiswa pasca-bentrokan.

Selain itu, setidaknya ada tiga mahasiswa yang mengikuti demo di Sumatera Selatan harus dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami kondisi kritis setelah terlibat bentrokan, Selasa (24/9/2019).

Sehari sebelumnya, saat ribuan mahasiswa di Bandung terlibat bentrokan saat gelar demo, ada 92 mahasiswa mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

//

Berikut ini fakta di balik bentrokan sejumlah demo mahasiswa di beberapa daerah:

1. Tiga mahasiswa di Sumsel kritis

Aksi demo penolakan RUU oleh ribuan mahasiswa di Palembang yang berlangsung di depan gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan berakhir ricuh, setelah polisi dan mahasiswa terlibat bentrok, Selasa (24/9/2019).KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA Aksi demo penolakan RUU oleh ribuan mahasiswa di Palembang yang berlangsung di depan gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan berakhir ricuh, setelah polisi dan mahasiswa terlibat bentrok, Selasa (24/9/2019).

Akibat bentrokan, tiga mahasiswa yang mengikuti demo di Sumatera Selatan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kondisi kritis.

Ketiganya terluka saat melakukan demo dan aksi unjuk rasa hari ini terkait penolakan revisi dan rancangan undang-undang (RUU) di Kawasan Jalan Pom IX Gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Insiden itu dibenarkan oleh Presiden Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) Ni'matul Hakiki, yang ikut dalam aksi tersebut.

"Yang saya dapatkan laporan, mereka bertiga kritis, terkena lemparan batu atau apa saya belum tahu," ujar Ni'matul.

Baca juga: Bentrok Saat Demo di Depan Gedung DPRD Sumsel, 3 Mahasiswa Kritis

2. Puluhan terluka hingga 2 mahasiswa diamankan

Massa mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar saat membakar karangan bunga berisi ucapan selamat anggota DPRD Sulsel yang baru, Selasa (24/9/2019).KOMPAS.COM/HIMAWAN Massa mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar saat membakar karangan bunga berisi ucapan selamat anggota DPRD Sulsel yang baru, Selasa (24/9/2019).
Halaman
12
Editor: M Iqbal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved