Hari Ini Pemko Dumai Mulai Keruk Drainase yang Sempat Ditanami Warga Pohon Pisang

Drainase di Jalan Sultan Hasanudin Dumai, ditanami pohon pisang pada pekan lalu karena tak pernah dikeruk meski sudah terjadi pendangkalan.

Hari Ini Pemko Dumai Mulai Keruk Drainase yang Sempat Ditanami Warga Pohon Pisang
tribun pekanbaru
Pohon pisang yang ditanam warga di dalam drainase di Jalan Sultan Hasanudin, Dumai, pekan lalu. Pemko Dumai akan mulai melakukan pengerukan dan normalisasi drainase pada Senin (30/9) ini. 

tribunpekanbaru.com - Puluhan warga RT 19 Kelurahan Rimba Sekampung, Dumai Kota, Kamis (26/9) petang lalu melakukan aksi protes kepada Pemerintah Kota Dumai, yang dinilai tak merespon keluhan warga yang selalu kebanjiran saat musim hujan.

Hal itu disebabkan drainase di Jalan Sultan Hasanudin yang kini sudah dangkal karena dipenuhi sedimen.

Aksi protes warga itu dilakukan dengan cara menanam dua batang pohon pisang di dalam drainase di Jalan Sultan Hasanudin, tepatnya di depan Karaoke Pink.

Aksi tersebut langsung direspon Pemerintah Kota (Pemko) Dumai. Pada Senin (30/9) ini, Dinas Pengerjaan umum (PU) Kota Dumai akan segera melakukan normalisasi drainase di Jalan Sultan Hasanudin, yang sempat ditanami pisang oleh warga.

Camat Dumai Kota, Agus Gunawan mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU terkait adanya aksi warga yang melakukan tanam pisang di drainase.

"Alhamdulillah, mulai Senin (30/9) ini sudah mulai dilakukan pengerukan atau normalisasi pendangkalan drainese di Jalan Sultan Hasanudin, tepatnya di depan Karaoke Pink," kata Agus, Minggu (29/9).

Menurutnya, sebelumnya pihak Pemko Dumai memang sudah berencana akan melakukan normalisasi di awal bulan, namun terkendala sosialisasi kepada masyarakat. Pasalnya jika dilakukan normalisasi atau pengerukan, tentunya akan mengganggu aktifitas jual beli dan kegiatan masyarakat di sekitar kawasan itu.

Untuk itulah, tambahnya, pihak PU Dumai telah meminta bantuan kepada pihak Kecamatan Dumai Kota, untuk melakukan sosialisasi kepada warga sekitar dan para pedagang yang berada dekat dengan drainase.

"Nantinya normalisasi drainase juga akan dilakukan di Jalan Sultan Sarif Kasim dan Sukajadi (Ombak)," sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan normalisasi tersebut, untuk tahap awal akan lebih memprioritaskan drainase yang terbuka atau tidak tertutup.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved