Warga Pulau Burung Akhirnya Punya Jalan yang Layak, Kini Jarak Tempuh Jadi Lebih Singkat

Warga Pulau Burung, Inhil, senang dengan adanya jalan yang dibangun bagus di desa mereka. Jalan ini membuat transportasi jauh lebih lancar.

Warga Pulau Burung Akhirnya Punya Jalan yang Layak, Kini Jarak Tempuh Jadi Lebih Singkat
tribun pekanbaru
Pemkab Inhil membangun jalan di Pulau Burung, yang sudah dinanti masyarakat sejak lama. Jalan ini membuat jarak tempuh jadi lebih pendek. 

tribunpekanbaru.com - Penantian masyarakat Kecamatan Pulau Burung dan Kecamatan Kateman terhadap akses jalan yang layak akhirnya terjawab. Ini karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil membangun jalan yang menghubungkan dua kecamatan tersebut.

Jalan ini juga akan menjadi akses pokok terbukanya jalan khusus penghubung dua kecamatan yang ada di Inhil bagian utara, yaitu Kecamatan Pulau Burung dan Kecamatan Kateman.

Kepala Desa Pulau Burung, Usman, menyebut banyak dampak positif yang sangat dirasakan oleh masyarakat pada pembangunan jalan ini.

Salah satunya, jarak tempuh biasanya ke Desa Air Tawar dan Pasar Sungai Guntung memakan waktu satu jam, kini hanya sekitar 20 menit.

“Dulu bisa menghabiskan waktu satu jam, sekarang sekitar 20 menit sudah sampai ke Desa Air Tawar dan Pasar Sungai Guntung lewat jalan darat. Ini manfaatnya yang sangat kami rasakan,” kata Usman, Senin (21/10).

Dia bersama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas pembangunan jalan yang sudah dinanti warga sejak lama.

“Terimakasih buat pemerintah sudah membangun jalan yang sudah lama ditunggu-tunggu. Alhamdulillah kita terima tanggapan positif dari masyarakat, khususnya Ddesa Pulau Burung atas adanya jalan ini. Keseriusan pemerintah terasa di masyarakat,” ujar Usman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) Inhil, Illiyanto menjelaskan, anggaran pembangunan jalan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

Jalan itu dibangun sepanjang 2,5 km, pengerjaannya sudah dimulai awal Agustus 2019 dan diperkirakan selesai pada Desember mendatang. "Jika tidak ada kendala yang menghalangi,” terang Illyanto.

Dia berharap tidak ada halangan di lapangan, baik dalam pengadaan material dan lainnya, begitu juga kendala dari pihak rekanan.

“Insya Allah Bulan Desember sudah bisa selesai. Kami harap pihak rekanan menggesa pekerjaan ini dan mempercepat progres pekerjaan. Karena sekarang sudah Bulan Oktober, waktu tersisa hanya dua bulan di tahun 2019,” katanya mengingatkan. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved