Anies Baswedan Diundang ke Kongres NasDem November Ini, Sinyal untuk Pilres 2024? Pengamat: Jelas

Pengamat politik Ray Rangkuti melihat Partai NasDem ingin merekrut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden pada Pilpres 2024

Anies Baswedan Diundang ke Kongres NasDem November Ini, Sinyal untuk Pilres 2024? Pengamat: Jelas
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Anies Baswedan Diundang ke Kongres NasDem November Ini, Sinyal untuk Pilres 2024? Pengamat: Jelas

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Anies Baswedan diundang hadir dalam Kongres NasDem, pada 8-11 November 2019 nanti.

Pengamat politik Ray Rangkuti melihat hal tersebut sebangai sinyal Partai NasDem ingin merekrut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jumat (01/10/2019)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jumat (01/10/2019) (wartakota.tribunnews.com)

Bahkan, Anies dijadwalkan akan membuka kongres sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres NasDem yang berasal dari sejumlah daerah.

"Jelas, langkah Nasdem ini bagian dari upaya untuk membulatkan dukungan bagi Anies di pilkada berikut, bahkan bisa jadi sampai capres 2024," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Minggu (3/11/2019).

Surya Paloh
Surya Paloh (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Bukan kali pertama Nasdem melakukan rekrutmen calon kepala daerah atau Calon Presiden dari orang luar kader partai, yang dianggap memiliki basis eletoral kuat. Dia contohkan, Ridwan Kamil di Jawa Barat.

Jauh sebelum tahapan pilkada dimulai, Nasdem telah memberi sinyal dukungan kuat bagi Ridwan Kamil untuk dicalonkan sebagai calon kepala daerah Jawa Barat.

"Dan memang hal itu dilakukan. Di Jakarta, kiat ini juga mulai dilakukan Nasdem. Kali ini hal yang sama juga mulai dijajaki dengan Anies," jelas Ray Rangkuti.

Menurut dia, semua langkah ini sudah diperhitungkan. Termasuk silaturrahmi Ketua Umum NasDem Surya Paloh ke PKS beberapa hari lalu.

"Bagian dari langkah konsolidasi yang dimaksud. Sejauh ini, sebagaimana diketahui, PKS adalah partai paling dekat dengan Anies. Sejak hubungan dengan Gerindra mulai terlihat agak merenggang," kata Ray Rangkuti.

Halaman
123
Editor: Ariestia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved