Jumlah Pengurus Legalisir KK dan KTP di Dumai Meningkat. Kadisdukcapil: Laporkan Jika Ada Kutipan!

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Suardi mengaku, ada lonjakan pengurusan legalisir KK dan KTP elektronik.

Jumlah Pengurus Legalisir KK dan KTP di Dumai Meningkat. Kadisdukcapil: Laporkan Jika Ada Kutipan!
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
ilustrasi 

Jumlah Pengurus Legalisir KK dan KTP di Dumai Meningkat. Kadisdukcapil: Laporkan Jika Ada Kutipan! 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Suardi mengaku, ada lonjakan pengurusan legalisir Kartu Keluarga (KK), dan kartu tanda penduduk (KTP) Elektronik.

Ia menambahkan, lonjakan pengurusan legalisir KK dan KTP el ini, diduga karena adanya penerimaan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) yang di buka oleh Pemko Dumai maupun di kementerian.

"Ada peningkatan, biasanya ada sekitar 50 orang dalam sehari, namun belakangan ini bisa mencapai 100 orang lebih yang meminta pelegalisiran KK dan KTP," katanya, Kamis (14/11/2019).

Lebihlanjut dijelaskanya, bukan hanya permintaan legalisir KK dan KTP saja, permintaan cetak KTP elektronik juga ada mengalami peningkatan.

Belum Juga Ekspos, DPRD Riau Soroti Kinerja Tim Terpadu Penertiban Lahan

Meski mengalami peningkatan, pihaknya tetap memprioritaskan cetak KTP baru, sesuai daftar tunggu.

"Blanko kita terbatas, jadi yang benar-benar sudah menunggu lama, dan baru memiliki KTP. Sedangkan penggantian KTP rusak dan lainnya masih kita kesampingkan dulu," terangnya,

Suardi menerangkan, pengurusan KK dan KTP tanpa dipungut biaya, dalam artian segala pengurusan administrasi kependudukan gratis.

Jika ada kutipan segera laporkan.

Bagi masyarakat yang memang belum mendapatkan KTP elektronik karena blanko habis, tambahnya, Disdukcapil akan mengeluarkan surat keterangan atau Suket yang fungsinya juga sama dengan KTP elektronik.

"Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik akibat blanko habis, maka gunakan suket. Fungsinya sama, dan juga bisa digunakan untuk mendaftar CPNS dan keperluan lainnya," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Donny Kusuma Putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved