Hujan Tak Surutkan Semangat Peserta Ikuti Lomba Pada Perkemahan Terpadu Pramuka di Sungai Guntung

Perkemahan Terpadu Pramuka ini digelar oleh Kwaran Kateman, dan diikuti setiap Gudep sekolah-sekolah yang ada di wilayah utara Inhil.

Hujan Tak Surutkan Semangat Peserta Ikuti Lomba Pada Perkemahan Terpadu Pramuka di Sungai Guntung
tribun pekanbaru
Para Pramuka peserta Perkemahan Terpadu di Sungai Guntung, Inhil. Perkemahan ini diikuti 1.200 Pramuka dari Gudep di wilayah Utara Inhil. 

tribunpekanbaru.com - Hujan yang mengguyur Bumi Perkemahan (Buper) Raja Musa Sungai Guntung, Kwaran Kateman, tidak menyurutkan peserta anggota Pramuka muda untuk hadir dan mengikuti lomba-lomba, dalam perkemahan terpadu Kwartir Ranting (Kwaran) di wilayah utara Indragiri Hilir (Inhil), Jumat (22/11).

Perkemahan yang digelar Kwaran Kateman pada 21–24 November 2019 ini, diikuti Kwaran Mandah, Kwaran Teluk Belengkong, Kwaran Pelangiran, Kwaran Pulau Burung, dengan peserta sekitar 1.200 orang dari setiap Gugus Depan (Gudep) sekolah-sekolah yang ada di wilayah utara Inhil.

Penggalang dan Penegak yang menjadi peserta antusias mengikuti setiap lomba, dan tidak ingin ketinggalan serta terlambat hadir di lapangan untuk ikut lomba.

Namun lomba bukanlah tujuan utama perkemahan ini, melainkan terjalinnya kebersamaan, saling tukar ilmu, dan bertambahnya teman. Hal inilah yang jadi pemicu meriahnya Perkemahan Terpadu Wilayah Utara Inhil kali ini.

Pembina Kwarcab Inhil, Arafah Karim menuturkan, pada Perkemahan Terpadu ini, para pembina, andalan cabang dan ranting, serta para pelatih pembina Pramuka, menekankan pembelajaran disiplin terhadap peserta didik.

“Agar mereka lebih mandiri dan menumbuhkan jiwa sosial peduli terhadap sesama peserta, dan lebih peka terhadap lingkungan tempat mereka berada,” ujar pembina yang biasa dipanggil Kak Ongko Wajo ini.

Lomba yang ditandingkan dalam Perkemahan Terpadu ini antara lain cerdas tangkas, tali temali, lomba pionering, pentas seni, baris berbaris Pramuka, hiking penggalang, dan lomba lintas alam penegak.

“Tim juri berasal dari andalan cabang (ancab) Inhil dari Tembilahan, dibantu adik-adik dari anggota Dewan Kerja Cabang Inhil,” jelasnya.

Ongko Wajo menyebut, Perkemahan Terpadu ini akan jadi agenda rutin Kwarcab Inhil setiap tahun, dengan tempat yang berbeda di Kwaran lain di wilayah Utara Inhil. “Semoga kegiatan ini dapat membentuk karakter muda yang bertanggung jawab serta dapat dipercaya di masa ini dan akan datang,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved