Berita Riau

SMPN 1 Mempura, Siak, Riau Raih Adiwiyata Mandiri 2019

SMPN 1 Mempura Kabupaten Siak Provinsi Riau ntercatat sebagai penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2019.

SMPN 1 Mempura, Siak, Riau Raih Adiwiyata Mandiri 2019
istimewa
Halaman SMPN 1 Mempura Siak tampak rindang dan hijau, Selasa (10/12/2019). Sekolah ini meraih predikat Adiwiyata Mandiri 2019. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kepala SMPN 1 Mempura Winda Harniati amat bersyukur sekolah yang ia pimpin meraih predikat Adiwiyata Mandiri 2019. Upayanya untuk mendapatkan predikat tersebut sudah berlangsung lama.

"Alhamdulillah, saya senang sekali menerima undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menerima penghargaan itu," kata Winda, Selasa (10/12/2019).

Perihal pada surat undangan itu dituliskan penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2019. Pada lampirannya SMPN 1 Mempura tercatat sebagai penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2019.

"Tidak sia-sia perjuangan panjang kita untuk meraih penghargaan ini. Kami bersama keluarga besar SMPN 1 Mempura termasuk alumni-alumninya juga bersyukur dan bergembira menyambut penghargaan ini," kata dia.

Ia menceritakan, sebelum undangan ini diterimanya, pihak KLHK melalukan proses penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) tahun 2019. Proses itu sudah selesai dilaksanakan.

Berdasarkan proses tersebut panitia telah menetapkan sebanyak 333 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 101 Sekolah Adiwiyata Mandiri se Indonesia. Mereka berhak mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri tahun 2019.

Penghargaan itu akan disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya serta
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Jumat 13 Desember 2019 di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Selain acara penyerahan penghargaan dimaksud akan diselenggarakan pula kegiatan talkshow dan pameran inovasi dan kreasi generasi muda dalam menjaga bumi atau di bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain SMPN 1 Mempura, SMPN 5 Kandis dan SDS Global Andalan Pelalawan juga meraih penghargaan tersebut.

Pada momen tersebut juga dilaksanakan pameran inovasi dan kreasi generasi muda di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sedikitnya akan ada 10 booth pameran, di antaranya Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri dengan tema inovasi pewarna alami untuk batik, pangan lokal, dan sumber energi alternatif ramah lingkungan.

Kemudian ada juga penerima ASEAN Youth Eco-champions Award dan pemenang Toyota Eco Youth 2019.

Bupati Siak Alfedri juga merasa senang ada 2 SMPN dari Siak yang tampil pada ajang tersebut. Menurut dia, kedua sekolah tersebut memang sangat hijau dan paling menonjol di bidang lingkungan hidup dibanding yang lain.

"Ini sebuah kegembiraan dan kehormatan bagi kita. Karena 2 SMPN di kabupaten kita yang menerima adiwiyata mandiri 2019," kata dia.

Semangat kedua sekolah itu dianggap sesuai dengan visi Siak Hijau dari Pemkab Siak. Ia meminta sekolah lain dapat mencontoh kedua sekolah dimaksud. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved