KTT dan IT Tekankan Pentingnya Pelaksanaan K3

Dalam rangka peringatan bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Forum Kepala Teknik Tambang (KTT) dan IT (Inspektur Tambang) Provinsi Riau me

KTT dan IT Tekankan Pentingnya Pelaksanaan K3
TRIBUN PEKANBARU
Forum KTT dan IT Provinsi Riau menggelar seminar dalam rangka peringatan bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, di FOX Hotel Pekanbaru, Kamis (30/1/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka peringatan bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Forum Kepala Teknik Tambang (KTT) dan IT (Inspektur Tambang) Provinsi Riau menggelar seminar pertambangan di FOX Hotel Pekanbaru, Kamis (30/1/2020).

Turut juga digandeng Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau dan Kepala Inspektur Tambang Indonesia.

Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Riau, Maryanto Syam ST mengatakan, dalam peningkatan keselamatan pertambangan K3 dan juga Keselamatan Operasi (KO) pertambangan dan juga sebagai aktualisasi dalam gerakan nasional pemberdayaan budaya K3, khususnya di sub sektoral pertambangan batu bara, maka kegiatan bulan K3 nasional seyogyanya dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.

"Hal ini sangat penting dalam peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pelaksanaan aspek K3, khususnya pada sektor pertambangan mineral dan batu bara," kata Maryanto dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan teknis K3 dan KO pertambangan saat ini mengacu kepada Keputusan Menteri nomor 1827K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik.

"Adapun pengawasan terhadap pelaksanaan teknis K3 dan KO pertambangan dilakukan oleh Inspektur Tambang dari PNS Dirjen Minerba," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, Provinsi Riau saat ini memiliki 3 orang inspektur tambang pertama dan 7 orang analis atau calon inspektur tambang.

Ditambahkannya, berdasarkan data statistik kecelakaan tahun 2019 bahwa di Riau tidak ditemukannya kecelakaan tambang, baik kategori ringan atau pun berat, yang berakibat mati dari 8 pemegang IUP operasi produksi yang beroperasi.

Sementara itu, Koordinator IT Riau, Diary Sazali ST mengatakan, pihaknya berharap pelaksanaan peringatan K3 kali ini tidak hanya menjadi momentum peringatan budaya yang dilaksanakan sejak sebelumnya.

Namun ia berharap, agar K3 benar-benar diterapkan di masing-masing perusahaan, demikian juga dari sisi pekerja, apalagi saat ini pekerjaan juga didukung dengan teknologi canggih.

"Kita berharap bagaiaman K3 tidak hanya sebagai budaya saja, tapi betul-betul diterapkan dan diaplikasikan, apalagi saat ini kita sudah didukung teknologi yang cukup luar biasa dalam menunjang pekerjaan," ujarnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved