Kuantan Singingi

Nasib Honorer di Kuansing Riau yang Lulus P3K 2019 Sampai Kini Tidak Jelas

Nasib pegawai honorer di Kuansing, Riau yang lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) hingga kini belum ada kejelasan.

Nasib Honorer di Kuansing Riau yang Lulus P3K 2019 Sampai Kini Tidak Jelas
Istimewa
Ilustrasi 

Nasib Honorer di Kuansing Riau yang Lulus P3K 2019 Sampai Kini tidak Jelas

TELUK KUANTAN - Nasib pegawai honorer di Kuansing, Riau yang lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) hingga kini belum ada kejelasan.

Honorer yang lulus belum diangkat jadi pegawai P3K.

Hal ini dikatakan Plt kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuansing Hendri Siswanto. Kapan angkat diangkat jadi pegawai P3K juga belum diketahui.

"Belum ada kejelasan. Belum tau kapan diangkat," kata Hendri Siswanto, Kamis (30/1/2020).

Selain itu, Hendri juga memastikan tidak ada anggaran untuk gaji pegawai P3K di APBD Kuansing di 2020 ini. Dengan kenyataan tersebut, dipastikan tahun ini belum ada kejelasan nasib pegawai honorer yang lulus jadi P3K.

"Enggak ada kita anggarkan di APBD (gaji P3K)," ucapnya.

Dikatakannya, Pemkab Kuansing hingga kini masih berharap gaji pegawai P3K berasal dari APBN. Bukan hanya Kuansing yang berharap demikian. Daerah lainnya juga demikian.

Disisi lain, pemerintah pusat berharap pegawai P3K dibiayai kas daerah. Sehingga tidak memberatkan APBN.

Inilah permasalahan utama P3K yang sudah lulus namun hingga kini brlum diangkat. Hingga kini belum tuntas.

Seleksi PPPK Kuansing pada 2019 sendiri diikuti 79 peserta. Terdiri sari dua formasi mulai tenaga guru sebanyak 32 orang dan penyuluh pertanian sebanyak 47 orang.

Hasil seleksi, hanya 57 peserta yang lulus. Peserta lulus yakni 12 guru dan 45 penyuluh pertanian.

Seluruh peserta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) di Kuansing, Riau yang lulus telah selesai melakukan pemberkasan. Pemberkasan memang sudah tutup 30 April 3019.

Permasalahn P3K belum selesai, pemerintah pusat mengeluarkan wacana agar tidak ada lagi pegawai honorer di instansi pemerintah. Ini akan berlaku 2023 nanti.

Nah, menuju 2023 ini, pegawai honorer diharapkan mencoba CPNS dan juga P3K. Disisi lain, nasib P3K yang sudah lulus hingga kini tidak jelas. (Tribunpekanbaru.com/Palti Siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved