Breaking News:

CAT SKD CPNS 2019

Robiatul Lima Kali Ikut Tes CPNS, Kendarai Motor Dua Jam dari Sabak Auh ke Lokasi SKD CPNS Siak Riau

Demi mewujudkan cita-cita menjadi abdi negara, Robiatul (34) rela menempuh perjalanan 80 kilometer menggunakan sepeda motor untuk tes SKD.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Robiatul melakukan registrasi sebelum pelaksanaan CAT SKD CPNS 2019 di Pemkab Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK- Demi mewujudkan cita-cita menjadi abdi negara, Robiatul (34) harus mengendarai sepeda motor dari kampungnya Sabak Auh menuju gedung daerah Sultan Syarif Kasim II, Mempura, Kamis (30/1/2020).

Ibu dari dua anak ini menempuh perjalanan sekitar 80 kilometer, hampir dua jam dengan motornya. Sabak Auh termasuk daerah ujung Siak yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis. 

"Ini kesempatan terakhir saya. Maka saya persiapkan sungguh-sungguh untuk mengikuti tes kali ini, meskipun banyak kesibukan di rumah," kata Robiatul.

Sebelum berangkat menuju lokasi tes, Robiatul tetap selesaikan pekerjaannya di rumah tangga.

Karena ia juga tenaga honorer di Kantor Camat Sabak Auh sejak tahun 2006, ia juga menyelesaikan izinnya ke atasan untuk mengikuti tes.

"Agak rempong juga sih, tapi ya biasalah. Namanya juga kan ibu-ibu. Yang ikhtiar maksimal hasilnya kita serahkan kepada Allah," kata dia.

Robiatul melamar pada formasi tenaga teknis. Menjadi seorang PNS merupakan impiannya sejak lama. Tes kali ini merupakan tes kelima kalinya yang ia ikuti.

Perempuan lulusan Universitas Lancang Kuning 2009 tersebut berharap bisa lulus jadi pegawai negeri sipil tahun ini. Apalagi tahun depan ia tidak bisa lagi ikut tes dan tak ada lagi peluang.

"Agustus tahun ini usia saya sudah 35. Karena itu sudah tidak bisa ikut lagi," ucapnya.

Tidak hanya Robiatul, warga dari luar Siak juga sangat antusias untuk mengikuti tes SKD CPNS. Tercatat 4.681 orang telah terdaftar untuk mengikuti SKD tersebut.

"Menurut data yang kami terima ada peserta yang paling jauh, yaitu dari Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, kemudian dari Medan, Tanjung Balai Karimun, Sumatera Barat dan Provinsi Riau pada umumnya," ujar Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKPSDMD Nofitrizal.

Setelah ujian SKD ini, selanjutnya ada pemberkasan administrasi. Setelah itu baru diumumkan peserta yang lulus untuk mengikuti tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Waktunya masih menunggu informasi dari BKN Pusat," kata dia.

Kemudian, pengumuman hasil dari seleksi SKB itu. Peserta yang lulus, maka akan diusulkan untuk diangkat menjadi CPNS dan usulan penerbitan nomor induk pegawainya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved