Mahasiswa UMRI Program Studi Akuntansi Lakukan Penelitian Untuk Mengetahui HPP Pada UMKM

Penelitian dilakukan pada UMKM kursi kobra rotan, ayunan, piring rotan, vas bunga, kaca hias di Rumbai Kota Pekanbaru, Riau.

Mahasiswa UMRI Program Studi Akuntansi Lakukan Penelitian Untuk Mengetahui HPP Pada UMKM
.
Mahasiswa UMRI dari kelas 3AKB4 Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Mahasiswa UMRI dari kelas 3AKB4 Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umri yang terdiri dari  Adinda ferdiani, Tian Septiana, Dwi Laurena Rahayu, Alisia Triandani, Istifar Dilla, Rahmi Sapitri Gajah, Ledia Tereza telah  melakukan Penelitian Untuk Mengetahui HPP (Harga Pokok Produk) pada UMKM.

Penelitian dilakukan pada UMKM kursi kobra rotan, ayunan, piring rotan, vas bunga, kaca hias di Rumbai Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM untuk menentukan harga pokok produk (HPP) untuk mengetahui laba rugi pada bisnis tersebut.

Pada kegiatan ini dilakukan interview pada owner-owner yang bersangkutan dan membantu menyusun pembukuan usaha yang dilakukan pada UMKM Tersebut.

Dosen akuntansi biaya sekaligus pembimbing penelitian mahasiswa, Linda Hetri Suriyanti SE MAk Ak CA mengungkapkan, tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui cara perhitungan harga pokok produk pada perabotan rumah tangga dari rotan.

"Penelitian ini juga sekaligus untuk jadi pembelajaran bagi mahasiswa agar bergunakan untuk bekal kerja nantinya, kalau misalnya ada yang ingin membuka usaha yang bergerak dibidang tersebut," ujarnya.

Kegiatan ini sangat diterima dengan baik oleh Pihak UMKM. Hal ini diutarakan oleh salah seorang Owner UMKM Mira.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi usaha kecil yang tidak mengetahui perhitungan HPP dan sangat membantu untuk menentukan laba pada usahanya.

Pasalnya, ada banyak yang dapat diketahui pihak umkm yang selama ini tidak terlalu menghiraukan mengenai perhitungan bahan, laba dan rugi dari jualan yang mereka jalankan.

Bahkan, dengan adanya perhitungan harga pokok produk dapat mempermudah pihak umkm menghitung penghasilannya (laba) sehingga sekarang ini olahan rotan banyak beredar dimasyarakat telah menjadi barang perabotan yang penting dan dicari dikalangan usaha dan rumah tangga. (rls)

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved