VIDEO: Mendadak Tak Bisa Cium Bau! Hati-hati Gejala Baru Virus Corona

Di Korea Selatan, China, dan Italia, sekitar sepertiga pasien yang dites positif Covid-19 mengaku penciumannya terganggu atau hilang

VIDEO: Mendadak Tak Bisa Cium Bau! Hati-hati Gejala Baru Virus Corona

TRIBUNPEKANBARU.COM-- Dari studi terbaru ahli rinologi terungkap bahwa seseorang yang mendadak tidak bisa mencium bau dan rasa kemungkinan terinfeksi virus corona.

Mereka biasanya tidak memiliki gejala umum Covid-19, seperti demam dan batuk.

Di Korea Selatan, China, dan Italia, sekitar sepertiga pasien yang dites positif Covid-19 mengaku penciumannya terganggu atau hilang.

Menurut ahli THT di Inggris, kondisi ini dikenal sebagai anosmia atau hyposmia.

"Di Korea Selatan, di mana pengujian dilakukan sangat luas, 30 persen pasien yang dites positif Covid-19 memiliki anosmia (hilangnya penciuman)," kata President of the British Rhinological Society Professor, Clare Hopkins, dan President of the British Association of Otorhinolaryngology, Professor Nirmal Kumar, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Dilansir Business Insider, Senin (23/3/2020), para profesor mengatakan bahwa banyak pasien di seluruh dunia yang positif Covid-19 terinfeksi tanpa gejala demam tinggi atau batuk. Sebagai gantinya, mereka sulit mencium bau dan mengecap rasa.

Virus Corona yang yang statusnya pandemi global telah menyebar ke lebih dari 190 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Gejala Covid-19 Gejala yang harus diwaspadai menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS terkait Covid-19 adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Gejala tersebut biasanya muncul antara dua hari sampai dua minggu setelah terpapar virus.

Halaman
123
Editor: didik ahmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved