Pasien Positif Corona di Riau

Riau Beli Peralatan Laboratorium Uji Swab Covid-19 Rp 7 Miliar, Bisa Uji 60 Orang Sehari

Gubri mengatakan, diperkirakan peralatan labor itu akan sampai ke Riau pekan depan, dan akan langsung dipasang oleh yang membawa peralatan tersebut.

Foto/Istimewa
3D PRINTING - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menyumbang satu unit 3D printing untuk memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan dalam menangani Pasien Suspect Corona di Riau, Jumat (27/3/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk upaya penanganan cepat terhadap pandemi wabah covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membeli peralatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Riau untuk uji swab virus Corona (Covid-19).

"Alhamdulillah, kita sudah membeli peralatan labor Rp 7 miliar, saat ini barangnya sudah di Singapura karena peralatan dibeli dari luar negeri," ujar Gubernur Riau, Syamsuar Jumat (3/4/2020) saat bertemu dengan pemimpin redaksi media di Pekanbaru.

Gubri mengatakan, diperkirakan peralatan labor itu akan sampai ke Riau pekan depan, dan akan langsung dipasang oleh yang membawa peralatan tersebut. 

"Harapan kita mudah-mudahan minggu depan sudah dipasang," ujar Syamsuar.

Sebelum dioperasikan, saat ini Pemprov Riau tengah mempersiapkan sarana pendukung pembangunan Labkesda tersebut di RSUD Arifin Achmad Riau.

"Labor sekarang masih ada beberapa pekerjaan di gedung RSUD Arifin Achmad untuk menyesuaikan dengan labor standar WHO," ujarnya. 

Sementara untuk mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Menurut Syamsuar pemerintah pusat yang sudah memberikan lampu hijau.

"Artinya kita sudah bisa memulai untuk persiapan labor, karena ada tahapan-tahapan yang harus dilalui agar Litbangkes Kemenkes bisa menyerahkan uji swab pasien Covid-19 kepada kita sendiri,"ujarnya.

Maka dengan adanya Labkesda yang bisa uji swab di Riau, hasil swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) akan lebih cepat dapat hasilnya.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved