Kontak dengan Ayah dan Paman yang Baru Pulang dari Bekasi dan Tangerang, Balita Positif Virus Corona

Balita sembilan bulan dinyatakan positif virus corona setelah kontak dengan ayah dan pamannya yang baru pulang dari Bekasi dan tangerang

Net
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Balita berusia sembilan bulan kini masih menjalani perawatan intensif. Balita tesebut dilaporkan terindikasi positif corona setelah dilakukan hasil swab.

Balit tersebut ternyata terpapar virus corona dari ayah dan pamannya yang baru saja pulang merantau dari Bekasi dan Tengerang.

Keduanya orang dekat sang balita itu disebut orang tanpa gejala atau OTG. Namun menularkan virus ke balita sembilan bulan.

Balita laki-laki itu berasal dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Pasar Kaget di Tampan Masih Buka Saat PSBB, Padahal Paling Banyak Kasus Positif Corona di Pekanbaru

Sembari Menunggu Investigasi China, Trump sebut AS juga Lakukan Penyelidikan Kasus Virus Corona

USAI GONCANG Benua Eropa, WHO sebut Virus Corona akan Mewabah di Afrika, Ini Alasannya

ILUSTRASI Bayi
ILUSTRASI Bayi (Photo by Luma Pimentel on Unsplash)

Tim medis menduga, pasien asal Desa Kertaharja, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal ini terpapar dari ayah dan pamannya yang baru pulang merantau dari Bekasi dan Tangerang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal dr. Joko Wantoro menjelaskan, balita berstatus orang dalam pemantauan (ODP) ini masuk RSUD dr. Soeselo Slawi Kabupaten Tegal pada Senin (6/4/2020) lalu.

Saat itu dengan gejala klinis demam, batuk, pilek, dan diare. Karena kondisinya sempat membaik, sepekan kemudian pasien akhirnya dipulangkan pada Senin (13/4/2020).

"Namun sebelum pulang, meski statusnya adalah ODP, tetap diambil swab-nya. Sabtu (18/4/2020) malam, hasil swab keluar dan terindikasi positif. Akhirnya Balita ini kita jemput lagi dari rumahnya," kata Joko, kepada wartawan di Pendapa Kabupaten Tegal, Minggu (19/4/2020)

Joko menduga, penularan virus ini terjadi lewat transmisi dari orang terdekat.

Pria PDP Virus Corona ini Dijemput Paksa Istri dari Jakarta, Sampai di Kampung Batuk dan Sesak Nafas

Apa Sih Perbedaan Batuk Biasa dengan Batuk Gejala Virus Corona? Jangan Sampai Salah

Hasil tracing tim medis Dinas Kesehatan mengungkap ada dua orang kontak eratnya dalam satu rumah yang baru datang dari Bekasi dan Tangerang.

"Yaitu ayah balita dan pamannya. Keduanya ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diisolasi secara mandiri di rumahnya. Dengan menerapkan physical distancing, mengenakan masker dan protokol kesehatan lain," ungkap Joko.

Ditambahkan Joko, isolasi mandiri tidak hanya untuk ayah dan paman balita. Namun juga seluruh anggota keluarga lain yang tinggal serumah. Sambil menunggu hasil rapid test.

Bayi
Bayi (Shutterstock)

"Jika rapid test reaktif, maka akan kita lanjutkan dengan tes swab untuk membuktikan transmisi lokal ini benar-benar sudah terjadi" kata Joko.

Sementara hingga Mingu (19/4/2020) Dinas Kesehatan Kabuoaten Tegal mencatat total ada sembilan kasus positif Covid-19, satu di antaranya meninggal dunia, dan satu lainnya sembuh.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Terpapar dari OTG, Balita 9 Bulan di Kabupaten Tegal Positif Covid-19

Kisah Pengantar Jenazah Virus Corona di Padang, Tempuh Jarak Ratusan KM hingga Seberangi Sungai

Editor: Budi Rahmat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved