Breaking News:

Ramadan 1441 H

Keistimewaan 10 Hari Kedua Ramadan, Dibukanya Pintu Pengampunan

Hari ini, Senin (4/5/2020) yang merupakan hari ke-11 Ramadhan, umat muslim sudah mulai memasuki hari pertama untuk sepuluh hari kedua di bulan suci Ra

Editor: Sesri
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ucapan Selamat Ramadhan 2020. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tak terasa kita sudah menjalankan sepuluh hari pertama bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Hari ini, Senin (4/5/2020) yang merupakan hari ke-11 Ramadhan, umat muslim sudah mulai memasuki hari pertama untuk sepuluh hari kedua di bulan suci Ramadhan.

Pada sepuluh hari kedua Ramadan merupakan hari penuh ampunan.

Penjelasan ini didasarkan pada salah satu hadits yang sering digunakan oleh para dai terkait pembagian keutamaan bulan Ramadhan menjadi tiga.

Ketiga fase itu dikutip Tribunjabar.id dari Islam.nu.or.id, yaitu sepuluh hari pertama rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, dan sepuluh hari ketiganya adalah terbebas dari api neraka.

أوله رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار

Artinya, “Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.”

Untuk keutamaan 10 hari kedua Ramadhan seperti yang disebutkan didalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)”.

Nah, pada fase kedua atau fase 10 hari kedua Ramadhan inilah Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya.

Karenanya Jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia.

Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman.

Perbanyaklah melakukan sholat malam, berdoa dan berdzikir karena pada 10 hari kedua Ramadhan ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Dengan memohon ampunan dengan tulus dan bersungguh-sungguh serta bertobat dari hati yang terdalam Insya Allah pasti mendapatkan ampunan-Nya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved