Inhu

Uang Puluhan Juta Ikut Disita dari 3 Tersangka dan 1 Perantara Peredaran Narkoba di Rutan Rengat

Dalam waktu enam hari Polisi melakukan dua pengungkapan peredaran narkoba yang dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat.

istimewa
Peredaran narkoba di Indragiri Hulu (Inhu) kian memprihatinkan. Kali ini peredaran narkoba terungkap justru dari dalam lingkungan yang sangat tertutup yaitu, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Peredaran narkoba di Indragiri Hulu (Inhu) kian memprihatinkan. Kali ini peredaran narkoba terungkap justru dari dalam lingkungan yang sangat tertutup yaitu, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat.

Peredaran nakoba dari dalam Rutan Rengat itu dikendalikan oleh napi, dan berhasil diungkap oleh Kapolres Inhu, AKBP Efrizal beserta jajarannya.

Tidak hanya sekali, dalam waktu enam hari Polisi melakukan dua pengungkapan peredaran narkoba yang dilakukan di Rutan

Kapolres Inhu, AKBP Efrizal melalui Ps Paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran mengungkapkan pihaknya mengamankan empat tersangka dalam perkara berbeda, yakni Sugiman alias Giman alias S (42), warga Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu, Inhu yang berstatus napi di Rutan Rengat dan rekannya Zuarman alias Man alias Z, warga Desa Pelangko, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Inhu.

VIDEO: SMKN 1 Rengat Mulai Memproduksi Masker Secara Masal, Siap Dibagikan Pada Yang Membutuhkan

Dua tersangka lainnya adalah, Didit alis DD (31), warga Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu yang juga napi di Rutan Rengat serta seorang perantaranya dari luar Rutan, yakni Reza.

Sugiman dan Zuarman diamankan pada Minggu (3/5/2020), sementara itu Didit ditangkap pada Sabtu (9/5/2020) berdasarkan pengembangan dari tersangka Reza yang ditangkap pada tanggal 5 Mei 2020 lalu.

Pada Minggu (3/5/2020) sekira pukul 02.00 WIB, polisi meringkus S dikamar tahanan blok B dengan barang bukti (BB) narkoba sebanyak 7 bungkus plastik besar, 5 bungkus plastik sedang, 95 bungkus plastik kecil, 1 bungkus plastik berisi 37 butir diduga narkotika jenis ekstacy dengan berat kotor 14 gram, serta pak plastik bening.

Polisi juga menemukan uang tunai Rp 21.400.000, 2 unit handphone, 2 unit timbangan elektrik, 1 dompet warna cream.

VIDEO: Viral Seorang Pria Tergeletak di Jalan, Warga Rengat Tak Berani Mendekat Dikira Kena Corona

Kemudian dilakukan pengembangan, selang beberapa menit kemudian kembali polisi berhasil mengamankan Zuarman (38) yang juga Napi Rutan Rengat, warga Desa Pelangko Kecamatan Kelayang yang sedang menjalani hukuman kasus narkoba.

Zuarman diketahui bertugas sebagai kurir Sugiman dalam menjalankan bisnis narkoba di dalam Rutan Rengat.

Selanjutnya, Sabtu 9 Mei 2020 sekitar pukul 14.00 WIB, kembali diamankan seorang Napi Rutan Rengat Didit (31) dengan BB 1 bungkus plastik diduga narkotika jenis sabu bruto 3 gram, kemudian 1 bungkus plastik diduga narkotika jenis pil ekstacy sebanyak 15 butir bruto 6 gram dan 1 unit HP merk Vivo yang digunakan tersangka untuk bertransaksi.

Penangkapan Didit bermula dari pengembangan yang dikakukan atas penangkapan tersangka Reza. Reza diketahui merupakan pemasok narkoba bagi Didit.

MANTAN Karyawan Dalangi Perampokan di Gudang Indomarco Inhu Riau, Bagaimana Peran Tiga Pelaku Lain?

Kini seluruh tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Inhu guna penyelidikan lebih lanjut.

Misran mengatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja sama dan peran aktif Kepala Rutan Rengat, Fauzi Harahap yang ingin lingkungan tempat tugasnya bersih dari segala bentuk tindak pidana. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved