Idul Fitri 1441 H

Pemkab Pelalawan Riau Pastikan Tak Gelar Pawai Takbir, Shalat Ied dan Open House Idul Fitri 1441 H

Pemerintah Kabupaten Pelalawan Riau memastikan tidak menggelar tiga agenda perayaan Idul Fitri 1441 H dalam tahun ini

Tribun Pekanbaru/Johanes
Bupati Pelalawan, HM Harris, secara resmi melepas pawai takbir pada Kamis (14/6/2018) malam di depan kantor bupati. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Pemerintah Kabupaten Pelalawan Riau memastikan tidak menggelar tiga agenda perayaan Idul Fitri 1441 H dalam tahun ini lantaran pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Ketiga agenda rutin yang ditiadakan itu yakni pawai takbir, sholat Idul Fitri, dan open house di kediaman pejabat. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan Pemda dalam merayakan hari besar umat Muslim.

Namun lantaran dalam situasi Covid-19 yang melarang kegiatan berkumpul dan melibatkan banyak orang, terpaksa kegiatan itu dibatalkan.

"Secara resmi Pemda Pelalawan tidak menggelar pawai takbir, shalat ID, dan open house. Ini sudah menjadi kesepakatan," terang Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Akmamul Hadi, kepada tribunpekanbaru.com, Jumat (22/5/2020).

Akmamul Hadi menyebutkan, pawai takbir biasanya dilaksanakan malam sebelum Lebaran di depan kantor bupati yang diikuti puluhan mobil hias dan ratusan warga.

Tiga Hari Setelah Sertijab, Kapolres Indra Tinjau Tiga Pospam Check Point PSBB di Pelalawan Riau

Cuti Bersama Dibatalkan Besok Pegawai Wajib Berkantor,BKPSDM Pelalawan: Libur Lebaran Cuma Satu Hari

Senangnya Hati, THR PNS Pelalawan Cair, Pemda Alokasikan Anggaran Hingga Lebih Dari Rp 19 M

Kemudian Shalat Ied sejatinya digelar di lapangan sepak bola Pangkalan Kerinci secara berjamaah bersama ribuan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan open house di rumah dinas bupati, wakil bupati, dan sekretaris daerah.

Anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk ketiga kegiatan itu telah dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Pelalawan. Sebba sejak awal pemda telah memprediksi jika agenda itu tidak bisa dilaksanakan disaat pagebluk corona.

"Pemda juga mengimbau agar masyarakat melaksanakan shalat ID dan takbiran di rumah masing-masing," tandas Akmamul Hadi.

Peniadaan kegiatan itu juga diterangkan dalam berita acara kesepakatan pelaksanaan sholat Idul Fitri yang diteken Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan, Tengku Mukhlis.

Namun ada zona atau kawasan yang menjadi pengecualian penghentian sementara kegiatan ibadah yang ditetapkan dinas kesehatan. Tentu dengan memberlakukan protokol Covid secara ketat dan bertanggungjawab.

(Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved