Penjara 5 Tahun dan Denda Rp 5 M, Dirreskrimsus Polda Riau Ancam Pelaku Ilog di SM Rimbang Baling

Dirreskrimsus Polda Riau Kombes Pol Andri Sudarmadi mengingatkan pemangku kepentingan terkait aktifitas Ilog yang marak di sejumlah tempat di Riau

Polda Riau
Polair Polda Riau menangkap tiga orang tersangka illegal logging (Ilog) atau pembalakan liar. Ketiganya kedapatan mengangkut kayu sebanyak 20 ton atau 30 meter kubik dengan sebuah kapal motor, Kamis (20/2/2020) lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadi menyayangkan masih maraknya aktivitas illegal logging (Ilog) di sejumlah hutan yang masuk wilayah konservasi di Riau.

Baru-baru ini, tim dari Ditreskrimsus Polda Riau bahkan berhasil menegah truk tronton pengangkut 30 kubik kayu hasil jarahan di Suaka Margasatwa Rimbang Baling.

Menurutnya, selama ini, informasi terkait aktivitas terlarang itu lebih banyak datang dari masyarakat.

"Kita berharap pemangku kepentingan yang ada di lokasi tersebut, di mana pun. Mau Rimbang Baling, Tesso Nilo, Bukit Tiga Puluh. Disitu masing-masing ada pemangku kepentingan, tidak perlu saya sebutkan apa saja instansi yang ada di situ," kata Kombes Andri, Jumat (22/5/2020).

Polda Riau Amankan Truk Pembawa 30 Kubik Kayu Hasil Ilog di Hutan Suaka Margasatwa M Rimbang Baling

"Kalau mau disebutkan ada BBKSDA, Polisi Kehutanan, dan lain-lain. Tolong kita sama-sama (bertindak), paling tidak memberikan informasi. Kalau memang tidak memungkinkan, beri informasi ke kita, kita akan sama-sama. Supaya apa, supaya alam kita ini tetap terjaga, jangan terkesan kita melindungi," sambung dia lagi.

Lanjut Perwira Menengah berpangkat melati tiga ini lagi, jarak Polres maupun Polsek setempat menuju lokasi pembalakan liar di tengah hutan, sangat jauh.

"Yang di dalam siapa, ada pemangku kepentingan di situ. Ini yang kita harapkan berperan aktif membantu kita, sama-sama kita tindak yang namanya pembalak liar, orang bakar hutan, buka lahan tidak sesuai ketentuan, percuma kalau ada pemangku kepentingan di situ tapi tidak punya peran," tegasnya.

Untuk itu dia berharap, para petugas dari instansi terkait hendaknya bisa bekerjasama dengan kepolisian.

Sebagaimana diketahui, tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau, mengamankan satu unit truk pembawa kayu olahan hasil illegal logging (Ilog) dari hutan di Suaka Margasatwa (SM) Rimbang Baling.

KAYU ILOG - Ditpolair Polda Ria mengamankan kayu hasil ilog di perairan Pulau Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (17/4/2020) malam.
KAYU ILOG - Ditpolair Polda Ria mengamankan kayu hasil ilog di perairan Pulau Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (17/4/2020) malam. (Tribunpekanbaru.com / Rizky Armanda)

Truk tersebut dicegat oleh aparat di Jalan Kubang Raya, perbatasan Kampar - Pekanbaru. Setelah sebelumnya tim melakukan pembuntutan sejak truk itu keluar dari daerah Muara Lembu, Kabupaten Kuansing.

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved