Breaking News:

Pemkab Pelalawan Siapkan Intensif Desa dan Kelurahan, Berapa Jumlah dan Manfaatnya?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan Riau menyiapkan dana intensif bagi desa dan kelurahan tahun anggaran 2020 ini dan akan disalurkan dalam waktu

Penulis: johanes | Editor: Ilham Yafiz
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
ILUSTRASI DANA DESA 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan Riau menyiapkan dana intensif bagi desa dan kelurahan tahun anggaran 2020 ini dan akan disalurkan dalam waktu dekat.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan, Devitson Saharuddin, dana yang akan dikucurkan itu merupakan kebijakan Pemda.

Anggaran itu diambil dari sana intensif penerimaan pajak dan retribusi tahun 2019 lalu dan direalisasikan tahun ini. Sebanyak 104 desa dan 14 kelurahan akan mendapatkan anggaran tersebut yang disalurkan ke rekening masing-masing.

"Anggaran yang kita siapkan sebesar Rp 8 Miliar untuk 118 desa dan kelurahan," ungkap Devitson kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (8/6/2020).

Devitson merincikan, dana intensif ini diberikan baru tahun ini, tujuannya untuk memacu pemerintah desa dan kelurahan dalam membantu Pemda meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi.

Setiap desa atau kelurahan minimal mendapatkan Rp 50 juta atau lebih, disamping Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah.

Peruntukannya, kata Devitson, dalam menambah operasional dan melancarkan pelaksanaan program perangkat desa maupun pemerintah kelurahan.

Bisa untuk program menangkal hoax ataupun kebutuhan masyarakat lainnya.

Dalam proses pencairannya, Pemda mengadopsi sistem DD dan ADD, di mana perangkat desa mengajukan pencairan dananya ke BPKAD sesuai dengan Surat Pertanggungjawaban (SPJ).

Termasuk pengelolaan dana tersebut tetap merujuk pada anggaran desa tersebut.

"Sekarang kita sedang menyusun Peraturan Bupati (Perbup) tentang dana intensif ini. Khusus untuk kelurahan kita sedang menggodoknya," tandas Devitson.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved