Breaking News:

Disdukcapil Inhu Kembali Buka Pelayanan Perekaman KTP-el untuk Kepentingan Urgent

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Hendrizal mengeluarkan surat tentang pelayanan perekaman KTP-el pada masa pandemi Covid-19

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ilham Yafiz
istimewa
Layanan Online Administrasi Kependudukan Pemkab Inhu 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Hendrizal mengeluarkan surat tentang pelayanan perekaman KTP-el pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang ditujukan kepada camat se Kabupaten Inhu.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pelayanan administrasi kependudukan tetap berjalan, termasuk perekaman KTP-el untuk yang sifatnya urgent atau penting.

Di dalam surat tersebut juga disampaikan untuk perekaman KTP-el yang sifatnya urgent dilakukan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Di dalam surat pertanggal 8 Juni 2020 lalu disampaikan bahwa surat tersebut berpedoman pada surat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 443.1/297B/Dukcapil tanggal 16 Maret 2020 tentang pelayanan serta keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor:440-830 tahun 2020 tanggal 27 Mei 2020 tentang pedoman tatanan normal baru produktif dan aman Corona Virus Disease 2019 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Layanan Administrasi Kependudukan di Pemkab Inhu selama pandemi Covid-19
Layanan Administrasi Kependudukan di Pemkab Inhu selama pandemi Covid-19 (istimewa)

Di dalam surat tersebut dijelaskan empat syarat melakukan perekaman KTP-el yang sifatnya urgent.

Pertama pemohon wajib menggunakan masker, kedua pemohon wajib mencuci tangan di tempat yang disediakan, ketiga pemohon terlebih dahulu dilakukan pengukuran suhu tubuh oleh petugas pelayanan Disdukcapil Kabupaten Inhu, dengan suhu tubuh tidak boleh melebihi 37,3 derajat Celcius.

"Kalau suhu tubuhnya melebihi 37 derajat celcius, kita beri waktu istirahat sebentar mungkin pemohon tersebut kelelahan setelah berjalan jauh. Kemudian setelah beristirahat sebentar, baru kita ukur kembali," kata Kepala Disdukcapil Inhu, Syaiful Bahri, Kamis (11/8/2020). Keempat tidak dibenarkan berkerumun dan membatasi jarak fisik minimal satu meter.

Syaiful melanjutkan perekaman KTP-el sempat dihentikan selama seminggu.

Untuk kepentingan urgent, Syaiful menjelaskan lebih jauh bahwa kepentingan yang menjadi prioritas adalah untuk kepentingan mengurus SIM, pengurusan BPJS Kesehatan atau untuk kepentingan perobatan ke rumah sakit.

Sesuai data dari Disdukcapil Inhu, jumlah perekaman KTP-el yang dilakukan hingga 10 Juni 2020 kemarin sebanyak 125 perekaman.

Selain pelayanan perekaman KTP-el, Disdukcapil Inhu juga tetap melaksanakan pelayanan online melalui aplikasi Whatsapp melalui nomor 0895-6140-40391.

Segala persyaratan dapat difoto dan dikirim melalui aplikasi Whatsapp tersebut dengan catatan foto harus jelas dan dapat dibaca.

Hingga saat ini, jumlah pemohon melalui aplikasi Whatsapp yang dilayani oleh Disdukcapil Inhu sebanyak 1.389 pemohon.

( Tribunpekanbaru.com / Bynton Simanungkalit )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved