Breaking News:

Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Hari Ini 21 Juni 2020, Tonton di Sini

fenomena alam Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan melalui link streaming yang disediakan BMKG

Editor: Sesri
Youtube Lapan Sumedang
Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 pengamatan di Siak Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Peristiwa Gerhana Matahari Cincin (GMC) bisa terlihat di beberapa wilayah Indonesia pada 21 Juni 2020.

Setidaknya 432 kota dan kabupaten di 31 provinsi dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Kepala Subbidang Analis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Suaidi Ahadi mengatakan, masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam ini dapat melalui link streaming yang disediakan.

Bagi wilayah selain zona waktu Indonesia barat, dapat menyesuaikan.

Link live streaming dapat diakses di www.bmkg.go.id/GMC.

"Kita mulai jam 15.00 WIB. Itu kontak gerhananya cuma 20 menit," kata Suhaidi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/6/2020). 

BMKG akan menampilkan pengamatan yang dilakukan dari berbagai wilayah seperti Malang, Lembang, Anyer, Medan, Aceh Besar, Semarang, dan lainnya.

Melansir situs resmi BMKG, wilayah yang akan terlewati jalur cincin pada GMC 21 Juni 2020 antara lain Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudera Pasifik.

Selain itu, GMC juga dapat diamati sedikit di Afrika bagian utara dan timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudera India, sebagian negara Eropa, Australia bagian utara, dan Samudera Pasifik.

GMC terjadi saat Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil dari piringan Matahari.

Sehingga saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, gelap di bagian tengah dan terang di bagian pinggirnya.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang akan dilewati gerhana matahari cincin sebagai gerhana matahari sebagian serta waktu puncak gerhana matahari cincin, dikutip Tribunnews.com dari BMKG:

1. Semua kota di Aceh, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.40 WIB

2. Semua kota di Sumatera Utara, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved