Sengkarut PPDB Riau

FOTO: Orangtua Datangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Pertanyakan PPDB Online

Para orang tua yang mengaku warga tempatan disekitar sekolah meminta kepada pihak sekolah transparan dalam menerima proses PPDB.

FOTO: Orangtua Datangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Pertanyakan PPDB Online - orangtua-siswa-geruduk-sma-negeri-8-pekanbaru-soal-ppdb-ok.jpg
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah orangtua calon siswa mendatangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Kamis (25/6/2020). Mereka mendatangi sekolah ini untuk meminta kejelasan kepada pihak sekolah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah favorit tersebut. Para orang tua yang mengaku warga tempatan disekitar sekolah meminta kepada pihak sekolah transparan dalam menerima proses PPDB. Sebab para orang tua mensinyalir ada kecurangan dalam proses PPDB SMA 8 Pekanbaru.
FOTO: Orangtua Datangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Pertanyakan PPDB Online - orangtua-siswa-geruduk-sma-negeri-8-pekanbaru-soal-ppdb-oke.jpg
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah orangtua calon siswa mendatangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Kamis (25/6). Mereka mendatangi sekolah ini untuk meminta kejelasan kepada pihak sekolah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah favorit tersebut. Para orang tua yang mengaku warga tempatan disekitar sekolah meminta kepada pihak sekolah transparan dalam menerima proses PPDB. Sebab para orang tua mensinyalir ada kecurangan dalam proses PPDB SMA 8 Pekanbaru.
FOTO: Orangtua Datangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Pertanyakan PPDB Online - orangtua-siswa-geruduk-sma-negeri-8-pekanbaru-soal-ppdb.jpg
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah orangtua calon siswa mendatangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Kamis (25/6/2020). Mereka mendatangi sekolah ini untuk meminta kejelasan kepada pihak sekolah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah favorit tersebut.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah orangtua calon siswa mendatangi SMA Negeri 8 Pekanbaru, Kamis (25/6/2020).

Mereka mendatangi sekolah ini untuk meminta kejelasan kepada pihak sekolah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah favorit tersebut. 

Para orang tua yang mengaku warga tempatan disekitar sekolah meminta kepada pihak sekolah transparan dalam menerima proses PPDB.

Sebab para orang tua mensinyalir ada kecurangan dalam proses PPDB SMA 8 Pekanbaru. 

Wakil Ketua DPRD Riau, Zukri Misra meminta kepada lurah untuk tidak main-main dalam mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) Domisili sebagai syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sebab sejumlah fakta di lapangan ditemukan adanya sejumlah persoalan PPDB yang disebabkan karena Suket domisili dari kelurahan.

"Kita minta lurah jangan main-main, jangan sampai ada oknum tertentu yang memanfaatkan Suket domisili ini untuk meraup keuntungan, kan tanggal bulan itu semua bisa dimainkan. Suket ini jadi catatan khusus kita," kata Zukri saat melakukan Sidak PPDB di SMA Negeri 8 Pekanbaru, Kamis (25/6/2020).

"Kita ingin proses PPDB berjalan dengan baik sesuai dengan Permendikbud serta Juknis yang ada. Jangan ada yang bermain akal-akalan, sampai berani merubah dokumen," imbuhnya.

Dengan adanya temuan ini, kata Zukri, pihaknya meminta kepada pihak sekolah agar segera memperbaiki kekurangan tersebut. Termasuk persoalan Suket domisili yang harus benar dan harus dilakukan verifikasi faktual.

"Meskipun Permendikbud membolehkan, saya minta kepala sekolah untuk hati-hati saat menerima siswa yang hanya berbekal Suket Domisili. Karena kita sepakat dengan dinas, bahwa yang diprioritaskan itu KK,"ujarnya.

Melih banyaknya persoalan PPDB yang dipicu dari Suket Domisili yang dikeluarkan kelurahan, pihaknya sudah sepakat dengan pihak sekolah, bahwa sekolah diminta untuk tidak menerima siswa lagi yang hanya berbekas Suket domisili dari kelurahan.

"Tadi kita sudah sepakat yang mau mendaftar dengan menggunakan Suket domisili ditolak dulu.

Karena syarat utamanya itukan harus KK minimal satu tahun. Jadi tidak mengandalkan Suket saja, karena ini merugikan masyarakat yang ada di zonasi sekolah," ujarnya.

Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh anggota DPRD Riau di SMA Negeri 8 Pekanbaru menguak sejumlah dugaan kecurangan yang dilakukan pihak sekolah dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kamis (25/6/2020).

( TribunPekanbaru.com / Doddy Vladimir/Syaiful Misgio)

Penulis: Dodi Vladimir
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved