Breaking News:

Techno

Tampilkan Iklan Terus Menerus, 47 Aplikasi 'Nyamar' Jadi Game Android di Play Store, Jangan Unduh!

Alih-alih mengunduh game, pengguna justru mengunduh program jahat yang bisa menampilkan iklan di ponsel secara terus-menerus.

twitter
Aplikasi atau 13 Games di Play Store yang diduga mengandung Malware yang dilarang didownload oleh Google 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Perusahaan antivirus Avast bersama Apklab.io, menemukan 47 game yang memiliki program jahat di toko aplikasi Google Play Store. Program jahat tersebut berupa adware.

Adware yang ditemukan bekerja layaknya Trojan, yang menyamar sebagai aplikasi game yang nampak meyakinkan.  Alih-alih mengunduh game, pengguna justru mengunduh program jahat yang bisa menampilkan iklan di ponsel secara terus-menerus.

Dari 47 game yang didentifikasi, 17 game disebut masih beredar bebas dan dapat diunduh di Google Play Store. Ironisnya, terdapat beberapa game yang masuk kategori populer di Play Store, dan telah diunduh oleh lebih dari 15 juta pengguna.

Menurut analis Avast, Jakub Vavra, sangat sulit untuk mendeteksi jenis adware ini, karena cara kerjanya yang rumit.

Kumpulan Aplikasi Edit Foto untuk Handphone, Full Unclok Premium, Gampang Digunakan

"Program seperti HiddenAds dapat menyusup di Play Store secara diam-diam, dengan mengaburkan tujuan asli mereka, atau menghadirkan elemen berbahaya secara perlahan setelah aplikasi diunduh oleh pengguna," tutur Jakub.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pihak Avast turut menyarankan pengguna agar tidak mengunduh game berbahaya tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari PC Magazine, Minggu (28/6/2020), berikut ini adalah 17 game berbahaya yang masih beredar pada toko aplikasi Google Play Store:

- Draw Color by Number

- Skate Board - New

- Find Hidden Differences 

Halaman
1234
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved