Breaking News:

Perang Dingin Amerika vs China Konflik Militer Tak Terhindarkan, Peneliti China Beberkan Hasil Riset

Amerika Serikat dan China memulai perang dingin mereka di abad ini, dengan berbagai medan pertempuran.

AFP
Kapal-kapal Amerika Serikat di perairan Laut China Selatan, berdekatan dengan teluk Filipina. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Amerika Serikat dan China memulai perang dingin mereka di abad ini, dengan berbagai medan pertempuran.

Hampir dua pertiga peneliti Tiongkok dalam survei sebuah lembaga think tank yang berbasis di Beijing mengungkapkan dimulainya perang dingin tersebut.

Sebanyak 62 dari 100 responden dalam survei Institut Studi Keuangan Chongyang, Universitas Renmin, setuju, ketika ditanya, "apakah AS meluncurkan perang dingin baru melawan China?"

Melansir South China Morning Post, China, bagaimanapun, mampu mengatasi kemungkinan serangan perang dingin baru oleh AS, menurut 90% responden.

Daftar lengkap responden tidak dipublikasikan, tetapi dari nama yang tertera, survei tersebut menghubungi perwakilan dari universitas dan lembaga think tank di China, termasuk Akademi Ilmu Sosial Tiongkok dan Pusat Pengembangan Penelitian Dewan Negara.

Ketegangan antara Beijing dan Washington berkobar di berbagai bidang, mulai Laut China Selatan, Xinjiang dan Tibet, Hong Kong, hingga wabah virus corona baru.

Niall Ferguson, sejarawan di Hoover Institution Stanford University, dalam opini yang terbit di Bloomberg News, mengatakan, perang dingin baru adalah kenyataan, dan China, bukan AS, yang memulainya.

Bendera Amerika Serikat dan China bergandeng di luar sebuah hotel di Beijing, 14 Mei 2019 silam.
Bendera Amerika Serikat dan China bergandeng di luar sebuah hotel di Beijing, 14 Mei 2019 silam. (GREG BAKER / AFP)

Pria Bejat Ini Perkosa dan Bunuh Bocah 5 Tahun Dibantu Sang Istri, Perhiasan Bocah Dirampas

Tiba Hari Ini di Indonesia, Buronan Pembobolan BNI Maria Pauline Lumowa Diekstradisi dari Serbia

Kapal China Nan Sadis, Jasad WNI Ditemukan di Lemari Pendingin Kapal

Konflik militer antara China dan AS tidak terhindarkan

“Para pendukung kemitraan persaingan (dengan China) mengabaikan kemungkinan bahwa orang-orang China tidak tertarik menjadi orang-orang gila. Mereka tahu betul, ini perang dingin, karena mereka memulainya,” tulis Ferguson.

Sebanyak 58% responden yang Institut Studi Keuangan Chongyang survei yakin, China dan AS bisa menghindari Perangkap Thucydides, sebuah istilah yang menggambarkan konflik yang tak terhindarkan antara kekuatan yang ada dan penantang.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved