Breaking News:

KPU Pelalawan Gelar Simulasi Pemungutan Suara dan Sirekap Pilkada

Simulasi yang dilaksanakan sekaligus uji coba penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

TribunPekanbaru/Johanes
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Riau menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja, Sabtu (21/11/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Riau menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja, Sabtu (21/11/2020). 

Simulasi yang dilaksanakan sekaligus uji coba penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pelalawan.

Simulasi digelar mulai pagi hari hingga selesai di halaman gedung daerah dengan melibatkan para pihak terkait.

Pantauan tribunpekanbaru.com di lapangan, cuaca kurang mendukung dan lokasi diguyur hujan sejak pagi hingga siang hari.

Akibatnya tempat pemungutan suara sedikit tergenang air, meski telah menggunakan tenda.

Walau demikian, pemilih yang merupakan masyarakat Pelalawan tetap antusias mengikuti simulasi pemungutan suara.

Dengan menggunakan payung warga yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengambil kertas suara, masuki bilik suara, dan memasukan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak. 

Simulasi dan uji coba Sirekap ini dipantau langsung oleh Wakil Kepala Polda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Nasir, Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan Lubis, perwakilan Kejaksaan Tinggi (Kejari), perwakilan Gubernur Riau, dan unsur Forkopimda Riau lainnya.

Turut serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Furkopimda) Pelalawan memantau pelaksanaan simulasi.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Nasir proses pemungutan suara dan rekapitulasi pada Pilkada layaknya tanggal 9 Desember nanti. KPU menghadirkan TPS 01 Kelurahan Kerinci Barat, masyarakat yang menjadi pemilih pada hari pencoblosan nanti akan dihadirkan sebagai pemilih dalam simulasi. Demikian juga petugas KPPS diperankan oleh penyelenggara dari Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved