Breaking News:

ALAMAK! Menteri Pertahanan Dibarter Dengan Gembong Narkoba, Ada Apa?

Meksiko bersepakat dengan Jaksa Agung AS untuk membarter mantan menteri pertahanan Meksiko, Jenderal Salvador Cienfuegos dengan mafia Meksiko

AFP
Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos yang dibarter pemerintah AS dengan gembong narkoba Meksiko 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah Meksiko membuat kesepakatan dengan Jaksa Agung AS William Barr untuk membarter mantan menteri pertahanan Meksiko, Jenderal Salvador Cienfuegos dengan mafia Meksiko .

Mantan Jenderal Salvador Cienfuegos sendiri sebelumnya ditahan dan diadili di Amerika Serikat karena terlibat dalam sindikat perdagangan narkoba ke negara adidaya itu.

Namun, pada pekan lalu, Jaksa Agung AS William Barr membatalkan semua tuduhan terhadap Jenderal Salvador Cienfuegos.

Dia pun langsung dibebaskan dan dipulangkan ke Meksiko.

Amerika Serikat beralasan, pembatalan kasus terhadap Jenderal Salvador Cienfuegos lebih kepada pertimbangan kebijakan luar negeri yang "sensitif dan penting".

Namun, seperti dikutip Tribunpekanbaru.com dari Reuters pada Minggu (21/11/2020), ternyata pembebasan Jenderal Salvador Cienfuegos tidaklah gratis.

Imbalan atas kebebasannya, pemerintah Meksiko akan menangkap dan menyerahkan seorang pemimpin kartel tingkat tinggi kepada Amerika Serikat.

Dalam komunikasi dengan Jaksa William Bar, pemerintah Meksiko mengatakan bahwa mereka akan bekerja dengan Amerika Serikat untuk menangkap pemimpin kartel tingkat tinggi yang terlibat dalam perdagangan fentanil opioid sintetis ( sebuah narkoba jenis baru ) dalam jumlah besar ke negara itu.

Reuters sendiri tidak menyebutkan, pemimpin kartel tingkat tinggi tersebut.

Narasumber yang menjadi sumber reuters mengatakan, ia tidak bisa memberikan nama apa pun dengan alasan takut membahayakan penyelidikan.

Halaman
12
Penulis: aries
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved