Breaking News:

Pilkada Dumai 2020

KPU Tunda Pleno Penetapan Hasil Pilkada Dumai 2020, Apa Penyebabnya?

Ketua KPU Dumai Darwis menerangkan, rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih hasil Pilkada Dumai 2020 ditunda

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Proses rekapitulasi KPU Dumai dimulai sejak Selasa (15/12/2020) siang, dan baru tuntas pada Rabu (16/12/2020) dini hari di Gedung Sri Bunga Tanjung. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menunda penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dumai 2020.

Sebelumnya, pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai, terpilih rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (20/1/2021).

Ketua KPU Dumai Darwis menerangkan, rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih hasil Pilkada Dumai 2020 ditunda.

Karena hingga saat ini pihak KPU belum mendapat salinan keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pleno penetapan pemenang Pilkada akan kami laksanakan setelah KPU menerima salinan keputusan dari Mahkamah Konstitusi atau pemberitahuan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK)," jelasnya, Selasa (19/1/2021).

Darwis mengaku, awalnya salinan keputusan dari Mahkamah Konstitusi dijadwalkan tiba pada 18 Januari 2021.

Berhubung, salinan putusan tersebut belum didapat, maka Pleno direncanakan akan dilaksanakan pada 21 Januari 2021.

"Pada saat rapat pleno nanti, akan hadir saksi dari keempat paslon, partai politik atau gabungan parpol dan Bawaslu Dumai," imbuhnya.

Darwis mengungkapkan, bahwa akan tetapkan peraih suara terbanyak di Pilkada Dumai, sesuai hasil rekapitulasi penghitungan suara, sebagai Walikota dan Wakil walikota Dumai, terpilih.

"Kita rencanakan pada Kamis akan kita laksanakan rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih rencananya di satu hotel di Dumai," pungkasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved