Breaking News:

RENDAH Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Riau, Apa Penyebabnya ?

Meski realisasi vaksinasi masih jauh dari target, namun menurut Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan kondisi ini masih wajar

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau yang baru terealisasi sebanyak 789 orang dinilai masih normal.

Meski masih jauh dari target, namun menurut Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan kondisi ini masih wajar.

"Masih normal, karena ada proses pendaftaran dan proses verifikasi untuk dimasukkan ke dalam aplikasi, kita lihat lah sampai akhir maret nanti, ini kan baru berjalan beberapa hari," kata Wildan, Kamis (21/1/2021).

"Jadi semua Nakes yang mau divaksin Itukan harus terdaftar diaplikasi, ada barcode, jadi siapa pun yang akan divaksin itu ada didalam aplikasi itu datanya," imbuhnya.

Wildan mengungkapkan, masih rendahnya realisasi pelaksanaan vaksin di Riau bukan diakibatkan karena adanya penolakan dari orang yang akan divaksin.

Namun lebih kepada kesiapan petugas dalam melakukan pendataan dan pendaftaran ke sistem aplikasi.

"Jadi bukan karena ada penolakan, tapi karena kita ini kan masih banyak yang gagap teknologi," ujarnya.

Wildan mengatakan, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Riau masih terbatas di tiga kabupaten kota di Riau.

Yakni Pekanbaru, Kampar dan Pelalawan. Sementara untuk sembilan kabupaten kota lainya hingga saat ini belum mulai melaksanakan vaksin.

"Sembilan kabupaten yang belum itu Februari baru mulai pelaksanaan vaksinasinya," katanya.

Total Tenaga Kesehatan 789 Orang Sudah Divaksin

Seorang tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melur, Pekanbaru, Jumat (15/1/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)
Seorang tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melur, Pekanbaru. (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)

Seperti diketahui, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau sudah berlangsung selama tujuh hari. Penyuntikan vaksin pertama dilakukan14 Januari 2021 lalu.

Hingga Rabu (20/1/2021) total tenaga kesehatan yang sudah divaksin sebanyak 789 orang.

Selain tenaga kesehatan, mereka yang menjalani vaksinasi tersebut diantaranya adalah tokoh masyarakat dan Forkompinda Riau dan kabupaten kota.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved