Breaking News:

Techno

Waspada, Foto dan Video Panas yang Sudah Dihapus dari Gadget Anda Ternyata Masih Bisa Direstore Lagi

Berdasarkan riset, terkuak sekitar 90 persen dari keseluruhan data yang pernah tersimpan di memori ponsel, meski pernah direset masih bisa dipulihkan.

Editor: CandraDani
Tangkap layar Twitter
Cuplikan tangkap layar dari obrolan para teknisi ponsel yang mengklaim dapat menarik data pribadi seperti foto dan video pemilik ponsel 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kasus beredarnya video panas artis GA beberapa waktu lalu cukup menyita perhatian publik.

Kasus yang kemudian sampai ke pihak berwajib ini semakin mengingatkan kita bahwa batas antara ranah pribadi dan publik sangat tipis sekali.

Memang benar bahwa gadget atau ponsel milik sang artis dilaporkan hilang sehingga isi ponsel sang artis kemudian dieksplore oleh para oknum tak bertanggungjawab ke ranah publik.

Namun, kasus tersebarnya foto atau video pribadi tak melulu karena ponsel, laptop atau gadget yang menyimpan koleksi sensitif itu hilang atau dicuri orang.

Bisa jadi tersebarnya foto dan video pribadi tersebut justru akibat ketidaktauan, ketidakwaspadaan sang pemilik ponsel, laptop atau gadget yang memang tak paham bagaimana seharusnya menyimpan koleksi sensitif tersebut.

Video syur mirip Gisel
Video syur mirip Gisel (Kolase Instagram/gisel_la/ Twitter)

Dilansir dari Kompas Tekno, belakangan, warganet dihebohkan dengan sebuah twit berisi tangkapan gambar percakapan antar-teknisi ponsel.

Obrolan tersebut menguak bahwa ada oknum tertentu yang mencuri data, terutama foto dan video, dari ponsel yang tengah diperbaiki.

Oknum teknisi ponsel, dalam percakapan tersebut, mengaku bisa mengambil berbagai data ponsel korban sebelum perangkat tersebut disetel (reset) ulang.

Ada pula sejumlah teknisi yang mencoba untuk menarik (restore) memori ponsel yang tengah diperbaiki.

Alasannya tentu untuk mengambil foto atau video yang telah dihapus oleh si pemilik ponsel, sebagaimana berbagai "pengakuan" yang tertuang di Twitter dengan handle @ndagels berikut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved