Breaking News:

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Terbakar, Satu Unit Heli Water Bombing Dikerahkan ke Lokasi

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau terus meluas. Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Bengkalis, terbakar Selasa(2/3/2021).

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/DavidTobing
Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau terus meluas.

Bahkan informasi terbaru, titik kebakaran lahan juga terpantau di lokasi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Bengkalis, Selasa(2/3/2021).

Giam Siak Kecil merupakan lahan gambut raksasa yang ada di Riau. Bahkan lokasi ini sebelumnya pernah dideklarasikan oleh UNESCO guna mendukung industri kayu berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Cagar Biosfer Giam Kecil juga menjadi rumah bagi suaka marga satwa di Riau. Ada dua spesies unggulan yang tinggal didalam hutan ini, yakni Gajah Sumatera dan Harimau Sumatera.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghafur, Selasa (2/3/2021) mengungkapkan, sebelumnya di lokasi Giam Siak Kecil ini sempat muncul titik api.

Namun berhasil dipadamkan oleh petugas.

Meski sebelumnya sudah dinyatakan padam, namun hasil patroli udara dengan menggunakan heli type Bell 412 bantuan Kementerian LHK di lokasi tersebut kembali muncul titik api.

"Sekitar seminggu yang lalu di lokasi ini pernah terbakar, tapi sudah berhasil dipadamkan oleh petugas, tapi kemarin sore hasil patroli udara muncul titik api di lokasi itu," katanya.

Api yang kembali muncul di lokasi Giam Siak Kecil ini diduga kuat berasal dari bara api yang masih tersisa dalam lahan gambut.

Sebab di lokasi ini kondisi tanahnya bergambut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved