Breaking News:

KPU Berharap Putusan MK untuk Dua Sengketa Pilkada dari Riau Terbaik untuk Semuanya

KPU Riau berharap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap dua sengketa pilkada dari Riau, terbaik untuk semuanya.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 di Indonesia 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau atau KPU Riau berharap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap dua sengketa pilkada dari Riau, terbaik untuk semuanya.

KPU sebagai pihak yang tergugat akan siap menerima putusan apapun dari MK.

Komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Firdaus mengatakan, KPU telah mengikuti dan memberikan penjelasan, saksi dan alat bukti, selama proses persidangan di MK bergulir.

"Kita berharap, putusan MK senin nanti yang terbaik buat semuanya, khusus masyarakat Inhu,"ujar Firdaus kepada tribunpekanbaru.com Senin (21/3/2021).

Begitu juga dengan Rokan Hulu, lanjut Firdaus, apapun putusan MK, pihaknya berharap semua pihak dapat menerima.

"Kita harus terima dengan lapang dada keputusan MK ini,"ujar Firdaus.

Menurut Firdaus dari putusan yang telah dilakukan MK ada beberapa mulai dari Permohonan di tolak, Permohonan tidak dapat diterima serta Permohonan diterima sebahagian, untuk rekapitulasi ulang dan pemungutan suara ulang.

"Tiga itu yang akan mungkin menjadi keputusan MK nantinya," jelas Firdaus.

Sebagaimana diketahui dua gugatan dari Riau di MK tersebut adalah Paslon Hafith-Erizal menggugat hasil Pilkada Rohul dan satu lagi Paslon Rizal Zamzami-Yogi Susilo menggugat hasil Pilkada Indragiri Hulu.

Sengketa Pilkada Serentak di Riau, PDI Perjuangan Yakin Gugatan Hafith-Erizal Ditolak MK

Sengketa Pilkada Serentak di Riau satu di antaranya adalah gugatan pasangan Hafith-Erizal ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Syafaruddin Poti yakin sengketa Pilkada terkiat gugatan Hafith-Erizal di Mahkamah Konstitusi (MK) ditolak MK, sehingga pasangan yang diusung mereka ditetapkan sebagai pemenang di Pilkada Rokan Hulu.

"Kami sebagai pengusung Sukiman - Indra Gunawan yakin putusan MK nanti akan memenangkan jagoan kami, ini dilihat dari hasil sidang yang sudah bergulir,"ujar Syafaruddin Poti kepada tribunpekanbaru.com Rabu (17/3/2021) terkait sengketa Pilkada tersebut.

Menurut Poti sapaan akrabnya, gugatan pasangan Hafith-Erizal di Mahkamah Konstitusi belum bisa membuktikannya kecurangan penyelenggaraan pilkada di Rohul.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved