Breaking News:

Angin Puting Beliung Mengamuk di Desa Kuala Selat Inhil, 1 Rumah Rusak dan Bagiannya Berhamburan

Satu unit rumah rusak berat dan dua unit rumah lainnya rusak ringan dalam musibah angin puting beliung

Istimewa
Warga membantu masyarakat korban agin puting beliung di Desa Kuala Selat, kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KATEMAN – Satu unit rumah rusak berat dan dua unit rumah lainnya rusak ringan dalam musibah angin puting beliung di Desa Kuala Selat, kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Kamis (8/4/2021).

Sekira pukul 03.00 WIB, warga dikejutkan dengan angin puting beliung yang sangat kencang sehingga bangunan warga berterbangan dan berhamburan.

Pasca kejadian ini warga sekitar membantu korban untuk mengevakuasi keluarga dan barang berharga ke rumah tetangga terdekat.

Kepala Desa (Kades) Kuala Selat, Imam Taufik, S.Ag, menuturkan, warga secara gotong royong membantu memperbaiki rumah korban dan membersihkan sisa - sisa akibat kejadian tersebut.

“Bangunan yang jadi korban merupakan rumah warga saja. Warga secara swadaya membantu memperbaiki rumah korban,” ungkap Imam kepada Tribun Pekanbaru.

Imam menambahkan, tidak terdapat korban jiwa dalam musibah ini dan kerugian ditaksir mencapai Rp. 70 juta.

“Danramil Kateman telah menyerahkan bantuan sembako kepada korban. Semoga warga yang terkena musibah diberikan kesabaran dan ketabahan dan diberikan rezeki penganti yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, angin kencang merupakan hal yang memang sering terjadi di Desa Kuala Selat, mengingat posisi desa yang memang dekat atau berbatasan langsung dengan laut lepas perairan Provinsi Kepulauan Riau.

Wilayah utara Kabupaten Inhil ini merupakan daerah yang paling terdampak terhadap pergerakan angin musim utara, tenggara dan selatan.

Selain angin puting beliung, setiap tahunnya desa ini juga rentan terjadi abrasi di bibir pantai akibat cuaca ekstrem ini. (Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved