Breaking News:

UIR Lakukan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pembelajaaran Online Untuk Guru

kegiatan yang dilakukan pihaknya itu adalah pengabdian kepada masyarakat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat

istimewa
UIR Lakukan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pembelajaaran Online Untuk Guru 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Di saat masa Pandemi Covid 19 ini dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 tentunya Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yakni seluruh sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem online terutama daerah yang masuk zona merah.

Hal itu tentunya menjadi tantangan baru bagi sekolah terutama para Guru dan para Guru tentunya harus melek teknologi khususnya teknologi digital.

Menyikapi ini Universitas Islam Riau (UIR) langsung ikut andil dengan turun langsung kelapangan melakukan pendampingan penggunaan aplikasi pembelajaran online untuk guru.

Sebagai bentuk pengabdiannya itu, pada tanggal 6 Maret 2021 lalu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi UIR dibawah pimpinan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UIR Tengku Idris MPd bersama dengan para dosen dan mahasiswa turun langsung ke SMPN 3 Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UIR Tengku Idris MPd mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya itu adalah pengabdian kepada masyarakat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online pada Guru di SMPN 3 Bandar Laksamana Kabupaten bengkalis.

"Kegiatan yang kita lakukan ini tujuannya adalah memberikan pendampingan kepada para guru dalam menggunakan aplikasi pembelajran online," ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UIR Tengku Idris MPd kepada Tribun, Rabu (26/5/2021).

Kegiatan yang dilakukan selama pendampingan tambah Idris, memberikan pengantar materi berupa aplikasi - aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajran online, memaparkan materi dan melakukan diskusi.

"Setelah itu para guru kita minta memilih aplikasi yang akan mereka gunakan dan mereka memilih google clasroom. Kemudian kita dampingi guru dalam membuat akun dari aplikasi pembelajaran online yang dipilih itu sampai bisa," ucap Tengku Idris.

Kegiatan tersebut antusias diikuti Kepala Sekolah SMPN 3 Bandar Laksamana Ahmad SPd, para guru dan Tata Usaha.

"Alhamdulillah respon Kepsek dan seluruh guru serta Tata Usaha sangat baik, karena guru selama ini belum tahu menggunakan apliksi untuk belajar daring atau online. Pembelajaran daring yang dilakukan selama ini hanya dengan whatsapp atau siswa ambil tugas ke sekolah," ungkap Tengku Idris.

Jadi dengan adanya kegiatan itu Tengku Idris berharap agar guru tahu jenis aplikasi gratis dan berbayar yang dapat digunakan dalam peembelajaran daring, setelah itu para guru bisa membuat dan menggunakan salah satu aplikasi untuk pembelajaran daring atau online.

Pendampingan yang dilakukan pihak UIR itu disambut baik dan suka cita oleh Kepsek SMPN 3 Bandar Laksamana Bengkalis Ahmad SPd.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi kami, apalagi disaat Pandemi Covid 19 ini. Kita berharap hal ini terus berlanjut, karena ilmu ini sangat bermanfaat kedepannya walaupun Pandemi Covid 19 telah berlalu," ujar Ahmad SPd.

Wakil Bidang Kurikulum SMPN 3 Bandar Laksamana Sulaiman SPd juga menyampaikan hal yang sama. "Kita berharap kegiatan ini
dilakukan secara continiu supaya pengetahuan tentang teknologi tetap update walaupun sekolahnya jauh dari perkotaan," ujar Sulaiman.

(Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Penulis: Rino Syahril
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved