Breaking News:

Satu Orang Pasien Positif Covid-19 Mampu Menulari 117.649 Orang, Tetap Waspada dan Prokes

Virus Corona Covid-19 varian Delta menyebar cepat dibanding dengan varian lain, dan kini sudah menginveksi masuk ke Indonesia.

Editor: Ilham Yafiz
Tribunnews/Jeprima
Sejumlah petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap tiap hari mengumpulkan kantong plastik berwarna kuning yang menumpuk berisikan APD bekas pakai, kardus makanan, dan sejumlah barang pasien yang sudah tidak terpakai di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Virus Corona Covid-19 varian Delta menyebar cepat dibanding dengan varian lain, dan kini sudah menginveksi masuk ke Indonesia.

Virus corona varian Delta dinilai menjadi salah satu penyebab utama terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia selama beberapa pekan terakhir.

Tingginya kecepatan penularan varian virus corona tersebut mengakibatkan potensi penyebaran jauh lebih tinggi dibanding varian lainnya.

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Raden Pardede mengatakan, dalam kurun waktu 30 hari, apabila seseorang terjangkit virus corona varian Delta dan pelaksanaan protokol kesehatan cenderung lemah, maka virus tersebut mampu menular ke 117.649 orang.

"Ini adalah satu mutasi virus baru yang sama sekali kita tidak perhitungkan sebelumnya," kata Raden dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (7/7/2021).

Angka penyebaran tersebut jauh lebih tinggi dibanding dengan varian-varian virus corona lainnya.

Raden menyebutkan, dengan skema yang sama, virus corona varian Wuhan yang menjangkit 1 orang dapat menular kepada 729 orang.

"Sedangakn varian Alpha kalau tidak prokes, maka yang tertular 15.625 orang," ujar dia.

Raden menjelaskan, hadirnya varian Delta beserta libur yang berdekatan mengakibatkan angka penyebaran Covid-19 melonjak sejak Juni kemarin.

"Demikian juga ada kedatangan pekerja migran yang signifikan," ucap dia.

( Tribunpekanbaru.com )

Artikel ini sebelumnya tayang di Kontan, https://nasional.kontan.co.id/news/parah-satu-orang-terinfeksi-covid-19-bisa-menulari-117649-orang

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved